ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL ASSESMEN KOMPETENSI MINIMUM NUMERASI PADA MATERI PROGRAM LINIER DI SMA NEGERI 2 AMBON
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah adalah kemampuan menggunakan proses berpikir untuk memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Ambon dalam menyelesaikan soal Assesmen Kompetensi Minimum Numerasi pada materi program linier. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 3 orang siswa yang dipilih berdasarkan hasil tes kemampuan pemecahan masalah dengan kriteria kemampuan tinggi, sedang dan rendah yaitu 1 siswa dengan kriteria kemampuan tinggi, 1 siswa dengan kriteria kemampuan sedang, dan 1 siswa dengan kriteri kemampuan rendah. Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari instrument tes sebagai instrumen utama, pedoman wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan siswa dengan kriteria tinggi lebih dominan, ini dapat dilihat melalui langkah-langkah pemecahan masalah dengan benar. Namun siswa dengan kriteria sedang dan rendah hanya dapat memenuhi beberapa langkah pemecahan masalah. Maka dapat disimpulkan bahwa siswa dengan kriteria tinggi memiliki kemampuan pemecahan masalah lebih dominan dibandingkan dengan siswa kriteria sedang dan rendah.
Downloads
Copyright (c) 2025 Freddy Alstonia Dolsenyawi, Carolina S. Ayal, Darma A. Ngilawajan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.