PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICT PROJECT (MMP) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POLA BILANGAN KELAS VIII SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar matematika dengan menerapkan strategi pembelajaran Missouri Mathematics Project. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VIII SMP negeri 72 Maluku Tengah yang berjumlah 20 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dilakukan dengan cara reduksi, penyajian kemudian dilanjutkan dengan mengambil kesimpulan lalu verifikasi. Validitas data mengunakan teknik triangulasi, yaitu triangulasi sumber data dan triangulasi metode pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan minat belajar matematika. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan model pembelajaran MMP dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pola bilangan hasil tersebut nampak pada hasil tes setiap siklus, yaitu pada siklus I siswa memperoleh Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) ≥70 sebanyak 8 siswa dengan persentase 45% pada siklus II meningkat menjadi 75% yang diperoleh 17 siswa. Peningkatan Hasil belajar siswa terjadi karena di dalam model pembelajaran Missouri Mathematics Project siswa lebih termotivasi dan aktif dalam pembelajaran.
Downloads
Copyright (c) 2025 Hababa Muna Warang, Juliana Selvina Molle, Muhammad S. Rumalean

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.