OPTIMALISASI NILAI JUAL KOMODITAS LOKAL MELALUI DIVERSIFIKASI PRODUK DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI TEPAT GUNA SEBAGAI MEDIA PROMOSI

  • Anggi Nur Utikawati Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Indonesia
  • Ika Wulandari Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Indonesia
Keywords: product innovation, packaging, digital marketing, UMKM, cassava

Abstract

This community service program was conducted in Rejosari Village, Semin District, Gunungkidul Regency, aiming to enhance the added value of cassava through product innovation, professional packaging, and simple digital marketing strategies. The Participatory Action Research (PAR) approach was employed to ensure active community participation throughout the process. The results show that transforming raw cassava into ready-to-eat snacks such as “Si Gori” increased its market value up to tenfold. The use of paper box packaging successfully improved the product’s modern and hygienic image, while promotion via WhatsApp Story proved to be an effective, low-cost, and accessible marketing medium. The synergy between product innovation, professional packaging, and simple digital marketing created a new, sustainable micro-business model for rural communities. This program not only increased income but also fostered entrepreneurship and improved local digital literacy.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anam, T., & Kurniati, E. 2025. Optimalisasi Diversifikasi Produk Olahan Ubi Kayu Untuk Mendukung Ketahanan Pangan Lokal Di Lampung. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis (JUEPA).

BPS. 2025. Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Februari 2025 (2). Retrieved from Badan Pusat Statistik: https://www.bps.go.id/id/infographic?id=1113

Fajriyah, D., Vindiana, A. P., P.O, A. R., & Tampubolon, E. S. 2025. Analisis Pengaruh Variasi Produk, Desain Kemasan, Kebersihan, dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada UMKM Tamaaman Cake. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business.

Fitriana, N., Clarita, D., & S, A. O. 2023. Pemanfaatan Whatsapp Business dan Instagram Business Sebagai Media Promosi UKM di Kelurahan Sialang Sakti. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat.

Hartini, S., Putro, F. H., & Setiawan, T. 2020. Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Modern. DIGIKOM : Jurnal Ilmu Komunikasi.

Hartono, R., Fadholi, A., Yahya, D. N., Muflihah, Wagus, A. Z., & Matlubah, A. 2023. Inovasi Singkong Menjadi Rengginang Meninggkatkan Potensi Pengembangan Pangan Lokal. PANDALUNGAN Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.

Maimuna, F. F., Roroa, N. A., Misrah, Oktavianty, & Agit, A. 2024. Transformasi Digital dalam Kewirausahaan: Analisis Faktor Penghambat dan Pendorong Perkembangan Ekonomi Digital. Prosiding Seminar NasIonal Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan Dan Riset Ilmu Sosial.

Maulidia, S., Utami, M. T., & Handayani, S. 2025. Peran GoFood dalam Meningkatkan Pendapatan UMKM Sektor Kuliner di Era Ekonomi Digital. JPIM: Jurnal Penelitian Ilmiah Multidisipliner.

Perekonomian, K. 2025. Pemerintah Dorong UMKM Naik Kelas, Tingkatkan Kontribusi terhadap Ekspor Indonesia. Retrieved from Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian: https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/6152/pemerintah-dorong-umkm-naik-kelas-tingkatkan-kontribusi-terhadap-ekspor-indonesia

Polimango, A. S., Baruwad, M. H., & Akib, F. H. 2025. Diversifikasi Pendapatan Terhadap Kerentanan Kemiskinan pada Rumah Tangga Petani Padi Sawah di Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango. Economic Reviews Journal.

Primadhita, Y., Budiningsih, S., Wicaksana, I., & Melani, A. 2023. Pengaruh Pemasaran Digital, Kualitas Produk,Dan Inovasi Hijau Terhadap Kinerja UMKM Makanan Dan Minuman. Jurnal Manajemen dan Bisnis Digital.

Ramayana, S. 2023. Pembangunan Pertanian dan Peternakan Berkelanjutan. Sleman: CV Budi Utama.

Sukartaatmadja, S., Hermawan, Y., & Silaen, U. 2023. Pengembangan Kualitas Produk UMKM MelaluiInovasi Kemasan dan Digital Marketing Kelurahan Gudang Kota Bogor. Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan.

Suprihatin, H., Pramitasari, D. A., & Hasanah, A. 2024. Inovasi Packaging dan Pemasaran Digital bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.

Zafitri, M. V., & Mulyati, D. J. 2024. Penguatan Branding UMKM Puspazary Melalui Inovasi Kemasan Dan Pemasaran Digital. Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat Indonesia.

Published
2025-12-05
How to Cite
Utikawati, A. N., & Wulandari, I. (2025). OPTIMALISASI NILAI JUAL KOMODITAS LOKAL MELALUI DIVERSIFIKASI PRODUK DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI TEPAT GUNA SEBAGAI MEDIA PROMOSI. BAKIRA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 269-276. https://doi.org/10.30598/bakira.2025.6.2.269-276