PROMOSI KONSUMSI SAYUR DAN BUAH PADA ANAK SEKOLAH MIT AS-SALAM AMBON

  • Nilfar Ruaida Dosen Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Maluku
  • Santi Aprilian Lestaluhu Dosen Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Maluku
Keywords: Konsumsi, Sayur dan Buah, Anak Sekolah

Abstract

Asupan makanan yang bergizi seimbang begitu penting untuk menjamin tumbuh kembang anak yang sehat dan aktif. Peran dan dukungan orang terdekat mempengaruhi kebiasaan makan anak. Apabila kebiasaan makan baik, dengan menerapkan makanan sehat dan bergizi seimbang sejak dini, maka kebiasaan tersebut akan berpengaruh hingga tumbuh dewasa nanti. MIT As-Salam Ambon merupakan sekolah yang menerapkan fullday school, dan menyediakan katering makan siang untuk seluruh siswanya. Berdasarkan pengamatan terhadap sisa makanan, masih ditemukan banyak sisa sayuran pada rantang makanan. Dan berdasarkan wawancara kepada beberapa siswa, mereka mengatakan tidak suka mengkonsumsi sayur, baik yang disediakan di sekolah maupun di rumah. Hal ini ditunjang juga dengan kurangnya pengetahuan tentang manfaat konsumsi sayur dan buah, terutama siswa kelas 1.

Kegiatan ini menggunakan metode ceramah, memberikan poster dan kudapan yang bisa dinikmati oleh siswa sebagai contoh bentuk aplikasi nyata dalam pola menu makan sehari-hari. Dampak pemberian penyuluhan dievaluasi dengan pemberian kuisoner terhadap anak sekolah yang dilakukan pada saat sebelum pemberian penyuluhan dan setelah dilakukan penyuluhan. Peserta penyuluhan adalah siswa kelas 1 dan 2 didampingi para guru.

Hasil kegiatan berjalan cukup baik ditandai dengan peserta penyuluhan yang sangat antusias dalam mengikuti jalannya kegiatan. Beberapa pertanyaan juga diajukan sesuai dengan tema yang disampaikan dengan diselingi kuis dan hadiah.

Peranan poster sebagai media penyuluhan sangat mendukung dalam menyampaikan pesan kesehatan ke masyarakat. Poster dibuat semenarik mungkin sehingga bisa membangkitkan keingintahuan terhadap pesan kesehatan terkini yang disampaikan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aswatini, Noveria M, Fitranita. 2008. Konsumsi Sayur dan Buah di Masyarakat Dalam Konteks Pemenuhan Gizi Seimbang. Jakarta: Pusat Penelitian Kependudukan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (PPK-LIPI).
Brug, 2008; Witt, 2012). Community-based interventions for enhancing access to or consumption of fruit and vegetables among five to 18-year olds: a scoping review BMC Public Health. 2012; 12: 711.
Horne, (2010) Morbidity and Mortality Weekly Report (MMWR)
Jones, et al. (2010), A brief summary of the Science & Technology Committee”s “ClimateGate” hearing
Mantra dkk, 2008. Penyuluhan dan Konsultasi Gizi, EGC, Jakarta Pearson (2008) Annual report an d ac co unt s
Riskesdas. 2010. Laporan Nasional 2007. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Departemen Kesehatan, Republik Indonesia, Jakarta.
Riskesdas. 2013. Laporan Nasional 2013. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Departemen Kesehatan, Republik Indonesia, Jakarta.
Vereecken CA, Keukelier E, Maes L. 2004. Influence of mother’s educational level on food parenting practices and food habits of young children. Appetite 43:93-103.
[WHO/FAO]. 2003. Report of a Joint WHO/FAO Expert Consultation: Diet, Nutrition, and the Prevention of Chronic Disease Geneva. Geneva: WHO
Published
2020-09-28
How to Cite
Ruaida, N., & Lestaluhu, S. (2020). PROMOSI KONSUMSI SAYUR DAN BUAH PADA ANAK SEKOLAH MIT AS-SALAM AMBON. BAKIRA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 24-28. https://doi.org/10.30598/bakira.2020.1.1.24-28