jmp Pelarangan Mantan Terpidana Korupsi Menjadi Calon Kepala Daerah Agar Menimbulkan Efek Jera

  • Jetty Martje Patty Universitas Pattimura
Keywords: Korupsi, Efek Jera, Narapidana

Abstract

ABSTRAK

Pemilu adalah proses pergantian kekuasaan secara damai, salah satunya adalah memilih legislator. Pelarangan mantan terpidana untuk menjadi calon legislator menimbulkan polemik dengan gugatan ke Mahkamah Agung karena dikeluarkannya Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten atau Kota. Disatu sisi ada pendapat pelarangan melanggar hak asasi manusia, tidak sesuai dengan hierarki peraturan perundang-undangan namun yang berpendapat bahwa hal ini dapat menimbulkan efek jera baik secara general preventie dan specialle preventive. Korupsi merusak bangsa untuk itu demi kepentingan bangsa, maka pelarangan terhadap mantan terpidana korupsi harus dilakukan. Menurut penulis Peraturan Komisi Pemilihan Umum harus juga dikeluarkan untuk calon Gubernur, Bupati dan Walikota namun pasti akan digugat ke Mahkamah Agung, untuk itu Undang-undang Nomor 10 Tahun 2016 harus direvisi dan hakim Pegadilan Tindak Pidana Korupsi harus menjatuhkan pidana pencabutan hak menjadi pejabat Negara, legislator, dan kepala daerah minimal 10 tahun agar menimbulkan efek jera.

Kata Kunci : Korupsi, Efek Jera, Narapidana

Downloads

Download data is not yet available.

References

dkk, B. (2012). Komperasi Mekanisme Penyelesaian Sengketa Pemilu di Beberapa Negara Penganut Paham Demokrasi. Jurnal Konstitusi , 538.

Erwin Ubwarin, Yonna B. Salamor. (2017). Mekanisme Pengembalian Kerugian Negara oleh Terpidana yang Meninggal Dunia Pasca Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 25/PUU-XIV/2016. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni , 51-57. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v1i1.334

Fahmi, K. (2011). Pemilihan Umum dan Kedaulatan Rakyat. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hadjon, P. M. (2005). Pengantar Hukum Administrasi Indonesia-Indonesia-Introduction to the Indonesia Administrative Law. Yogyakarta: Gajah Mada University Press, Cetakan Kesembilan.

Prodjodikoro, W. (1981). Asas-Asas Hukum Pidana. Jakarta: Rajawali Press.

Published
2019-09-01
How to Cite
Patty, J. (2019). jmp Pelarangan Mantan Terpidana Korupsi Menjadi Calon Kepala Daerah Agar Menimbulkan Efek Jera. JURNAL BELO, 5(1), 1-9. https://doi.org/10.30598/belovol5issue1page1-9