ANALISIS FINANSIAL USAHATANI JERUK MANIS DI DESA OGOMATANANG KECAMATAN LAMPASIO KABUPATEN TOLITOLI (STUDI KASUS PADA USAHATANI JERUK BAPAK BAHAR)

  • Yanti Sasmita Program Studi Agribisnis, Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Mujahidin Tolitoli
  • Abd. Fattah Program Studi Agribisnis, Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Mujahidin Tolitoli
  • Nurmala - Program Studi Agribisnis, Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Mujahidin Tolitoli
  • Hardiansyah - Program Studi Agribisnis, Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Mujahidin Tolitoli
Keywords: Finansial, Jeruk Manis, Usahatani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan usahatani Jeruk manis Di Desa Ogomatanang Kecamatan Lampasio Kabupaten Tolitoli. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan November sampai bulan Desember Tahun 2020. pengambilan data berasal dari data primer dan data sekunder dan analisis data yang digunakan yaitu analisis financial dengan menggunakan perhitungan NVP,NET B/C dan IRR. Hasil penelitian ini menunjukan usahatani jeruk manis di Desa Ogomatanang Kecamatan Lampasio Kabupaten Tolitoli layak di usahakan, dengan nilai perhitungan NVP sebesar Rp. 252,464,804.76 dan nilai NET B/C sebesar 3.279>1 dan nilai IRR sebesar 45,648% lebih besar dari suku bunga yang berlaku 9 %.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-12-01
How to Cite
Sasmita, Y., Fattah, A., -, N., & -, H. (2022). ANALISIS FINANSIAL USAHATANI JERUK MANIS DI DESA OGOMATANANG KECAMATAN LAMPASIO KABUPATEN TOLITOLI (STUDI KASUS PADA USAHATANI JERUK BAPAK BAHAR). Biofaal Journal, 3(2), 65 - 70. https://doi.org/10.30598/biofaal.v3i2pp65 - 70