META-ANALISIS PENGARUH METODE OUTDOOR LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA

  • La Amaludin Universitas Pattimura
  • Rahim Pelenusa MI Ulupaha Piru
  • Rawia Awal SD Negeri 91 Waiheru
Keywords: Meta-Analysis, Outdoor Learning Methods and Learning Outcomes

Abstract

Background: This study aims to determine the effect of outdoor learning methods on science learning outcomes. Outdoor Learning is a form of teaching where in the learning process the teacher uses outdoor learning as a medium so that students can know something real and can think critically and objectively.

Methods: This study uses a meta-analysis method. Meta Analysis is research that discusses similar articles. The data collection technique is to collect articles related to the influence of outdoor learning methods on science learning outcomes. The sample used in this study were 15 related articles. Data collection techniques by giving Pretest and Posttest. Data analysis uses the effect size calculation technique using the Glass formula.

Results: The results showed that there was a significant effect of the outdoor learning method on biology learning outcomes with an average effect size of 0.637.

Conclusion: The outdoor learning method has an effect on biology learning outcomes. The use of outdoor learning methods has an effect on biology learning outcomes, this is in accordance with the results of calculations with an average effect size value of 0.637. Outdoor learning involves many senses so that it can provide a memorable experience because students can absorb more material.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, S., Mun’im, A. dan Yunus,S.R. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Outdoor Learning terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 15 Makassar Studi Pada Materi Pokok Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan. Jurnal IPA Terpadu. 2 (1).

Bahrun, S. A., Ramlawati, R., & Hasanuddin, H. (2021). Pengaruh Penggunaan Metode Outdoor Study Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII MTS DDI Kanang. Jurnal IPA Terpadu, 4(2).

Dewi, K. T. (2021). Pengaruh Pembelajaran Luar Kelas (Outdoor Learning) Berbentuk Jelajah Lingkungan dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas x SMA Negeri 1 Gianyar. Wahana Matematika dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya, 15(1), 110-120.

Fitriani, I., & Panjaitan, E. U. (2020). Pengaruh Metode Outdoor Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Biologi Pada Kelas X MIA SMA Swasta Kemala Bhayangkari 2 Rantau Prapat Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Edu-Bio: Education and Biology, 2(2), 10-14.

Hansah, S., Surahman, E., & Hernawati, D. (2020). Implementasi Metode Outdoor Study Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Konsep Interaksi Antara Makhluk Hidup Dengan Lingkungannya. In Seminar Nasional Biologi, Saintek, dan Pembelajarannya I Tahun 2019 ISBN: 978-602-9250-40-4.

Ijie, S., & Istiqomah, I. (2019). pengaruh metode outdoor learning terhadap hasil belajar siswa kelas xb pada materi klasifikasi makhluk hidup di sma ypk bethel. Biolearning Journal, 6(2), 41-46.

Indriana, G., Nasution, M., & Daramita, M. (2018). Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Terhadap Aktivitas Siswa dan Hasil Belajar Pada Materi Ekosistem Kelas X SMA Negeri 2 Kisaran Tahun Pembelajaran 2016/2017.

Marini, M., Rahayuningsih, M., & Retnoningsih, A. (2016). Efektivitas Metode Field Trip di Sungai Kaligarang Semarang terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Pengelolaan Lingkungan. Journal of Biology Education, 5(1).

Mernisa, M. Pengaruh Penerapan Outdoor Learning Process (OLP) Terhadap Pemahaman Konsep dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa SMA Pada Materi Ekosistem. (2018). Jurnal Nalar Pendidikan, 6(2), 128-135.

Nirnawati, N. (2018). Hubungan Motivasi Dengan Hasil Belajar Melalui Penggunaan Metode Outdoor Study Terhadap Peserta Didik Kelas X MIPA SMA Negeri 11 Maros (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR).

Nugroho, A. A., & Hanik, N. R. (2016). Implementasi Outdoor Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Pada Mata Kuliah Sistematika Tumbuhan Tinggi. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 9(1), 41-44.

Rahayu, Y., & Lestari, I. (2014). Penerapan Outdoor Learning Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(9).

Rahyuni, R., Zamzaili, Z., & Ruyani, A. (2018). Penerapan Pembelajaran Outdoor dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMPN 6 Kota Bengkulu. PENDIPA Journal of Science Education, 2(3), 183-187.

Roliyah, R., & Irwandi, I. (2019). Pengaruh Outdoor Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Lubuklinggau. In Seminar Nasional Sains & Entrepreneurship (Vol. 1, No. 1).

Safitri, O. I., Retnoningsih, A., & Irsadi, A. (2014). Penerapan Outdoor Learning Process (Olp) Menggunakan Papan Klasifikasi Pada Materi Klasifikasi Tumbuhan. Journal of Biology Education, 3(1).

Santiningtyas, Kartika, dkk. (2012). Pengaruh Outdoor Learning Berbasis Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Materi Ekosistem. Journal of Biology Education, 1(2).

Sartika, dkk. (2015). Penerapan Keterampilan Proses Sains Disertai Outdoor Learning terhadap Hasil Belajar Materi Ekosistem di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(2).

Suryani, E., Jekti, D. S. D., & Ramdani, A. (2013). Pengaruh Penerapan Metode Outdoor Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa pada Mata Kuliah Morfologi Tumbuhan. TULIP (Tulisan Ilmiah Pendidikan), 2(2), 28-34.

Susilawati, E., Rahayuningsih, M., & Ridlo, S. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran ekologi SMA dengan strategi outdoor learning. Unnes Science Education Journal, 5(1).

Syamsiah, S., Arsal, A. F., & Arifin, A. N. Analisis Hubungan antara Respon dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Pembelajaran Outdoor Learning untuk Meningkatkan Literasi Lingkungan. Sainsmat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 10(2), 206-218.

Taqwan, S. H. B. (2019). Pengaruh Pembelajaran Luar Kelas (Outdoor Learning) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII SMP Negeri 05 Seluma. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 10-18.

Zaputra, R., Festiyed, F., Adha, Y., & Yerimadesi, Y. (2021). Meta-Analisis: Validitas Dan Praktikalitas Modul Ipa Berbasis Saintifik. Bio-Lectura, 8(1), 45–56.

Published
2023-08-30
How to Cite
Amaludin, L., Pelenusa, R., & Awal, R. (2023). META-ANALISIS PENGARUH METODE OUTDOOR LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA. BIOPENDIX: Jurnal Biologi, Pendidikan Dan Terapan, 10(1), 64-72. https://doi.org/10.30598/biopendixvol10issue1page64-72