PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT (ESD) BERPOTENSI MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS X
Abstract
Perlunya persiapan sumber daya manusia yang berkecakapan lebih sesuai tantangan pada abad 4.0, seperti berkompetensi 4C yang dijelaskan oleh Partnership for 21st Century Learning (2019:2) Learning and Innovation Skills 4Cs. Fakta di lapangan berdasarkan hasil PISA 2018, Indonesia memperoleh peringkat yang kurang maksimal. Keterampilan 4Cs melalui pendidikan berfungsi bagi kehidupan, salah satunya dalam menyukseskan program pembangunan berkelanjutan guna menghadapi permasalahan lingkungan atau dikenal dengan ESD. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan validitas prototype modul pembelajaran biologi berbasis Education for Sustainable Development (ESD). Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian dan Pengembangan. Teknik pengumpulan data terdiri atas studi literatur, observasi dengan wawancara bebas, tes tertulis, dokumentasi, dan pendistribusian lembar validasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan modul pembelajaran Biologi berbasis ESD memiliki karakteristik, berpotensi meningkatkan kualitas pembelajaran dan mengarah pada perkembangan kognitif ke tingkat yang lebih tinggi melalui keterlibatan peserta didik dengan disajikannya dalam berbagai permasalahan perubahan lingkungan yang kompleks (C1-C6). Selain itu, terintegrasi dengan perspektif, komponen, dan aspek ESD. Hasil validitas modul berdasarkan perhitungan skor dari validator ahli termasuk dalam kategori sangat valid atau dapat digunakan tanpa revisi sebesar 85,62%. Sementara itu, oleh validator praktisi termasuk dalam kategori sangat valid atau dapat digunakan tanpa revisi sebesar 93%.
Downloads
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution license that allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangement for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works



2





