PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA MELALUI EKOLITERASI BERBASIS MEDIA SCRAPBOOK DI MADRASAH ALIYAH NW SAMAWA

Keywords: Kata Kunci : Berpikir Kreatif, Ekoliterasi, Media Scrapbook

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa melalui pembelajaran ekoliterasi berbasis media scrapbook. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dilakukan dengan dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap meliputi: Perencanaan, Pelaksaan Tindakan, Pengamatan dan Refleksi. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas XII, yang berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif  kualitatif dan kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kreatif siswa melalui ekoliterasi berbasis media scrapbook mengalami peningkatan dari siklus pertama hingga siklus kedua. Pada siklus pertama pencapaian siswa dengan rata-rata 51% dengan kriteria “cukup kreatif”.  Pencapaian siswa pada silkus pertama belum sesuai dengan keterampilan berpikir kreatif, sehingga peneliti melanjutkan siklus kedua. Kemudian dilihat dari hasil pencapaian siswa pada siklus kedua mencapai rata-rata 75% dengan pencapaian kriteria “kreatif”, jadi peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa dari siklus pertama sampai dengan siklus kedua mencapai 24%. Berdasarkan hasil keterampilan berpikir kreatif siswa maka kesimpulan dari penelitian ini yaitu kemampuan ekoliterasi siswa terus meningkat hingga siklus kedua dilaksanakan melalui pembuatan media scrapbook berbahan dasar barang

Kata Kunci : Berpikir Kreatif, Ekoliterasi, Media Scrapbook

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-04-13
How to Cite
LESTARI, I., RAMDHAYANI, E., SYAFRUDDIN, S., NOVIATI, W., & SHOLIHIN, S. (2022). PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA MELALUI EKOLITERASI BERBASIS MEDIA SCRAPBOOK DI MADRASAH ALIYAH NW SAMAWA. BIOPENDIX: Jurnal Biologi, Pendidikan Dan Terapan, 8(2), 86-93. https://doi.org/10.30598/biopendixvol8issue2page86-93