PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA MELALUI EKOLITERASI BERBASIS MEDIA SCRAPBOOK DI MADRASAH ALIYAH NW SAMAWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa melalui pembelajaran ekoliterasi berbasis media scrapbook. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dilakukan dengan dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap meliputi: Perencanaan, Pelaksaan Tindakan, Pengamatan dan Refleksi. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas XII, yang berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kreatif siswa melalui ekoliterasi berbasis media scrapbook mengalami peningkatan dari siklus pertama hingga siklus kedua. Pada siklus pertama pencapaian siswa dengan rata-rata 51% dengan kriteria “cukup kreatif”. Pencapaian siswa pada silkus pertama belum sesuai dengan keterampilan berpikir kreatif, sehingga peneliti melanjutkan siklus kedua. Kemudian dilihat dari hasil pencapaian siswa pada siklus kedua mencapai rata-rata 75% dengan pencapaian kriteria “kreatif”, jadi peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa dari siklus pertama sampai dengan siklus kedua mencapai 24%. Berdasarkan hasil keterampilan berpikir kreatif siswa maka kesimpulan dari penelitian ini yaitu kemampuan ekoliterasi siswa terus meningkat hingga siklus kedua dilaksanakan melalui pembuatan media scrapbook berbahan dasar barang
Kata Kunci : Berpikir Kreatif, Ekoliterasi, Media Scrapbook
Downloads
Authors who publish with BIOPENDIX: Jurnal Biologi, Pendidikan dan Terapan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.