E-MODUL BIOLOGI BERBASIS POTENSI LOKAL PADA MATERI TUMBUHAN DITINJAU DARI UJI VALIDITASNYA

  • Diah Ayu Aprilia Universitas PGRI Ronggolawe
  • Tabitha Sri Hartati Wulandari Universitas PGRI Ronggolawe
Keywords: Pembelajaran, Validitas, E-modul, Potensi Lokal

Abstract

Latar Belakang: Perkembangan zaman yang serba digital berdampak juga pada perkembangan di bidang pendidikan, perkembangan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif merupakan salah satu aspek yang ikut berkembang. Media pembelajaran yang kreatif dan inovatif salah satunya adalah e-modul berbasis potensi lokal. E-modul dengan potensi lokal pada pembelajaran biologi sangat sesuai dengan karakteristik pembelajaran biologi yang mendekatkan peserta didik pada keadaan alam disekitarnya serta mengenali potensi yang ada disekitar daerahnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui validitas e-modul biologi berbasis potensi lokal pada materi tumbuhan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode penelitian research and Development (R&D), penelitian ini model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Penelitian ini terbatas pada pengembangan e-modul tanpa adanya implementasi karena keterbatasan penelitian.
Hasil: Uji validitas yang telah dilakukan pada e-modul yang telah dikembangkan menghasilkan penilaian aspek materi dengan presentase 88,4%, aspek penyajian dan design memiliki presentase 80,8% dan aspek kebahasaan sebesar 86%.
Kesimpulan: Validitas e-modul biologi berbasis potensi lokal berdasarkan penilaian para validator ahlui dinyatakan sangat valid dengan presentase 85,06%.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Diah Ayu Aprilia, Universitas PGRI Ronggolawe

Program Studi Pendidikan Biologi

Tabitha Sri Hartati Wulandari, Universitas PGRI Ronggolawe

Program Studi Pendidikan Biologi 

Published
2022-10-28
How to Cite
Aprilia, D., & Wulandari, T. (2022). E-MODUL BIOLOGI BERBASIS POTENSI LOKAL PADA MATERI TUMBUHAN DITINJAU DARI UJI VALIDITASNYA. BIOPENDIX: Jurnal Biologi, Pendidikan Dan Terapan, 9(1), 82-88. https://doi.org/10.30598/biopendixvol9issue1page82-88