PENERAPAN MODEL ASSESSMENT FOR LEARNING (AfL) MELALUI SELF ASSESSMENT DALAM PEMBELAJARAN IPA FISIKA UNTUK MENGINGKATKAN HIGHER ORDER THINKING SKILL PESERTA DIDIK

  • Elsina Tamaela
Keywords: AfL- Self Assessment, higher order thinking skill

Abstract

Salah satu komponen penting dalam proses pembelajaran adalah penilaian atau asesmen. Penilaian yang dilakukan dengan tepat akan meningkatkan efektifitas proses pembelajaran. Informasi penilaian tidak selamanya diperoleh dari guru, namun dapat melibatkan peserta didik didalamnya. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan tipe one group pretes and posttest design yang bertujuan untuk melihat higher order thinking skill peserta didik sebeleum dan setelah perlakuan dengan assessment for learning (AfL)-self assessment dalam pembelajaran materi gerak lurus.  Penelitian ini dilaksanakan di salah satu sekolah menengah atas di kota Ambon dengan melibatkan 35 orang pada kelas X. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen soal tes uraian higher order thinking skill dan hasilnya dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan uji gain. Berdasarkan hasil analisis memperlihatkan bahwa higher order thinking skill peserta didik setelah pembelajaran terdapat peningkatan dan berada pada kategori rendah. Temuan ini menunjukan bahwa AfL-self assessment  mampu memperbaiki proses namun perlu ditunjang dengan strategi mengajar yang tepat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-11-04
How to Cite
Tamaela, E. (2022). PENERAPAN MODEL ASSESSMENT FOR LEARNING (AfL) MELALUI SELF ASSESSMENT DALAM PEMBELAJARAN IPA FISIKA UNTUK MENGINGKATKAN HIGHER ORDER THINKING SKILL PESERTA DIDIK. BIOPENDIX: Jurnal Biologi, Pendidikan Dan Terapan, 9(1), 100-108. https://doi.org/10.30598/biopendixvol9issue1page100-108