PENGARUH PENGGUNAAN EKSTRAK BUAH MENGKUDU (MORINDA CITRIFOLIA) TERHADAP PENGEDALIAN KUTU DAUN (APHIS GOSSYPII) PADA TANAMAN CABAI RAWIT (CAPSICUM FRUTESCENS LINN)

Pendahuluan, metode, halis dan pembahasan, kesimpulan, dan daftar pustaka

  • Fitria Ulfa Hasibuan Universitas Samudra Langsa
  • Tri Mustika Sarjani
  • Siska Rita Mahyuny
  • Yurida Yurida
Keywords: Pestisida, Capsicum frutescens, Aphis gossypii, Morinda citrifolia

Abstract

Latar Belakang: Buah mengkudu banyak mengandung air dengan bau yang tidak sedap, bau tersebut berasal dari campuran asam kaprat dan asam kaproat, kedua senyawa ini memiliki efek antibiotik, karena aromanya yang tidak sedap dapat digunakan sebagai pestisida alami. Tujuan penelitian adalah untuk melihat perkembangan Aphis gossypii dengan atau tanpa ekstrak buah mengkudu. 

Metode: Penelitian ini menggunakan metode eksperimen murni (True Experiment) dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Penelitian ini dilakukan dengan 4 perlakuan dan 3 pengulangan yang terdiri dari Control, tanaman Capsicum frutescens yang diberi Aphis gossypii tanpa penyemprotan ekstrak Morinda citrifolia, tanaman Capsicum frutescens disemprot dengan ekstrak Morinda citrifolia kemudian diberikan Aphis gossypii dan tanaman Capsicum frutescens diberi Aphis gossypii kemudian disemprot dengan ekstrak Morinda citrifolia.

Hasil: Mengenai hasil analisis, ekstrak buah mengkudu untuk mempelajari perkembangan Aphis gossypii berpengaruh besar terhadap penurunan jumlah Aphis gossypii setiap harinya. Aphis gossypii yang ditempatkan pada Cappsicum frutescens tanpa penyemprotan ekstrak Morinda citrifolia mengalami populasi yang terus bertambah setiap hari, mencapai lebih dari 10 kali lipat pada hari pertama. 

Kesimpulan: Aphis gossypii yang tumbuh pada tanaman cabai rawit bereproduksi secara normal dan tumbuh dengan sangat cepat tanpa penyemprotan, pertumbuhan Aphis gossypi yang cepat secara fisiologis mempengaruhi perkembangan tanaman cabai karena tumbuhan layu bahkan mati.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-01-25
How to Cite
Hasibuan, F., Sarjani, T., Mahyuny, S., & Yurida, Y. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN EKSTRAK BUAH MENGKUDU (MORINDA CITRIFOLIA) TERHADAP PENGEDALIAN KUTU DAUN (APHIS GOSSYPII) PADA TANAMAN CABAI RAWIT (CAPSICUM FRUTESCENS LINN). BIOPENDIX: Jurnal Biologi, Pendidikan Dan Terapan, 9(2), 158-162. https://doi.org/10.30598/biopendixvol9issue2page158-162