PENGUATAN KAPASITAS GURU BAHASA INGGRIS DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA DAN MENULIS DENGAN PENDEKATAN DIAGNOSTIC TEACHING MODEL (DTM)
Main Article Content
Abstract
Kegiatan ini bertujuan untuk melatih guru-guru Bahasa Inggris pada komunitas MGMP SMP di Kabupaten Kepulauan Aru, Provinsi Maluku untuk mengembangkan model pembelajaran membaca dan menulis dengan Model Pembelajaran Diagnostik (Diagnostic Teaching Model). Hal ini merupakan respon terhadap pembelajaran literasi yang menjadi faktor penting dalam kurikulum prototype 2022. Dengan dilakukannya kegiatan ini, diharapkan bahwa para guru dapat mengembangkan rancangan pembelajaran yang bermakna sebagai sarana untuk memberi eksposure terhadap input Bahasa target kepada peserta didik. Selain itu, guru juga dilatih untuk mengajar siswa untuk membuat desain pembelajaran yang aktif, ramah dan responsif secara khusus dalam pengembangan literasi Bahasa Inggris siswa sekolah menengah. Kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan metode pelatihan pengembangan rancangan pembelajaran dengan menerapkan Model Pembelajaran Diagnostik pada tanggal 7 April 2022. Peserta terdiri dari 31 orang guru Bahasa Inggris di Kabupaten Kepulauan Aru, Provinsi Maluku.