PENGUATAN KAPASITAS GURU BAHASA INGGRIS DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA DAN MENULIS DENGAN PENDEKATAN DIAGNOSTIC TEACHING MODEL (DTM)

Main Article Content

Jusak Patty
Hellien Jequelin Loppies
Marcy Saartje Ferdinandus

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk melatih guru-guru Bahasa Inggris pada komunitas MGMP SMP di Kabupaten Kepulauan Aru, Provinsi Maluku untuk mengembangkan model pembelajaran membaca dan menulis dengan Model Pembelajaran Diagnostik (Diagnostic Teaching Model). Hal ini merupakan respon terhadap pembelajaran literasi yang menjadi faktor penting dalam kurikulum prototype 2022. Dengan dilakukannya kegiatan ini, diharapkan bahwa para guru dapat mengembangkan rancangan pembelajaran yang bermakna sebagai sarana untuk memberi eksposure terhadap input Bahasa target kepada peserta didik. Selain itu, guru juga dilatih untuk mengajar siswa untuk membuat desain pembelajaran yang aktif, ramah dan responsif secara khusus dalam pengembangan literasi Bahasa Inggris siswa sekolah menengah. Kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan metode pelatihan pengembangan rancangan pembelajaran dengan menerapkan Model Pembelajaran Diagnostik pada tanggal 7 April 2022. Peserta terdiri dari 31 orang guru Bahasa Inggris di Kabupaten Kepulauan Aru, Provinsi Maluku.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Patty, J., Loppies, H., & Ferdinandus, M. (2022). PENGUATAN KAPASITAS GURU BAHASA INGGRIS DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA DAN MENULIS DENGAN PENDEKATAN DIAGNOSTIC TEACHING MODEL (DTM). Gaba-Gaba : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Dalam Bidang Pendidikan Bahasa Dan Seni, 2(1), 120-123. https://doi.org/10.30598/gabagabavol2iss1pp120-123
Section
Articles