PELATIHAN PENGEMBANGAN MODEL PENILAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BAGI GURU-GURU BAHASA INGGRIS SMP/SMA DI KABUPATEN MALUKU TENGGARA
Main Article Content
Abstract
Penilaian mata pelajaran bahasa Inggris adalah suatu kegiatan untuk mengukur penguasaan bahasa Inggris peserta didik, agar diperoleh informasi sejauh mana indikator-indikator keberhasilan yang telah dirumuskan telah menampak pada perilaku berbahasa Inggris peserta didik. Dalam hal ini, salah satu faktor penentu keberhasilan implementasi kurikulum pada satuan pendidikan, khususnya pada proses penilaian sangat bergantung pada guru. Namun kenyataan menunjukkan bahwa guru masih kesulitan dalam menyusun perencanaan penilaian, pelaksanaan penilaian, pengolahan hasil penilaian serta pemanfaatan hasil penilaian. Oleh sebab itu, kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dilakukan untuk memfasilitasi para guru bahasa Inggris di Kabupaten Maluku Tenggara dengan harapan dapat menambah wawasan pengetahuan serta keterampilan dalam mengembangkan model penilaian Bahasa Inggris yang relevan. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk workshop atau pelatihan secara tatap muka di SMP Negeri Unggulan Kabupaten Maluku Tenggara yang diikuti oleh guru-guru Bahasa Inggris SMP dan SMA di Kabupaten Maluku Tenggara dan daerah sekitarnya. Narasumber kegiatan ini berasal dari anggota tim PKM yang dipandang kompeten sesuai dengan keahlian dan kebutuhan materi. Metode pelaksanaan PKM ini dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu tahap Persiapan, Pelaksanaan, Pasca Kegiatan, Pelaporan dan Publikasi. Hasil kegiatan menunjukan hal yang positif dalam peningkatan pemahaman para guru tentang model-model penilaian Bahasa Inggris, yang secara simultan terwujud dalam kemampuan merancang model penilaian sesuai dengan capaian pembelajaran pada kurikulum mata pelajaran Bahasa Inggris.