PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MELALUI PELATIHAN PEMANFAATAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS TEKS DI SMP/MTS ALKAIRAAT AMBON
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik melalui pelatihan pemanfaatan model pembelajaran berbasis teks di SMP/Mts Alkairaat Ambon. Subjek penelitian adalah Guru Bahasa Indonesia di SMP/Mts Alkairaat Ambon yang berjumlah 5 orang guru. Tipe penelitian adalah penelitian deskritif kuantitatif dan kualitatif. Desain penelitian yang digunakan yaitu one group pre-test and post-test design. Instrumen dalam penelitian ini antara lain; (1) instrumen tes, dalam hal ini untuk mengukur penguasaan pedagogik sebelum dan sesudah perlakuan. (2) angket respon guru, untuk melihat respon guru terhadap perlakuan yang digunakan. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif untuk mendeskripsikan data apa adanya dalam bentuk persentase dan menjelaskan data atau kejadian dengan kalimat-kalimat penjelasan secara kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan antara lain: analisis deskriptif kualitatif meliputi: hasil tes penguasaan pedagogik dan respon guru. Hasil penelitian menunjukan bahwa :1) Penguasaan pedagogik sebanyak 80% guru mengalami peningkatan berkategori sedang ketika diberikan perlakuan, dan 20% guru mengalami peningkatan penguasaan pedagogik kategori tinggi. 2) Rata-rata nilai presentase ketercapaian respon guru terhadap pelatihan pedagogik melalui pemanfaatan pembelajaran berbasis teks sebesar 78.4%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan secara umum bahwa kompetensi pedagogik mengalami peningkatan melalui pelatihan pemanfaatan model pembelajaran berbasis teks di SMP/Mts Alkairaat Ambon.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.