PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MELALUI PELATIHAN PEMANFAATAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS TEKS DI SMP/MTS ALKAIRAAT AMBON
Main Article Content
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik melalui pelatihan pemanfaatan model pembelajaran berbasis teks di SMP/Mts Alkairaat Ambon. Subjek penelitian adalah Guru Bahasa Indonesia di SMP/Mts Alkairaat Ambon yang berjumlah 5 orang guru. Tipe penelitian adalah penelitian deskritif kuantitatif dan kualitatif. Desain penelitian yang digunakan yaitu one group pre-test and post-test design. Instrumen dalam penelitian ini antara lain; (1) instrumen tes, dalam hal ini untuk mengukur penguasaan pedagogik sebelum dan sesudah perlakuan. (2) angket respon guru, untuk melihat respon guru terhadap perlakuan yang digunakan. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif untuk mendeskripsikan data apa adanya dalam bentuk persentase dan menjelaskan data atau kejadian dengan kalimat-kalimat penjelasan secara kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan antara lain: analisis deskriptif kualitatif meliputi: hasil tes penguasaan pedagogik dan respon guru. Hasil penelitian menunjukan bahwa :1) Penguasaan pedagogik sebanyak 80% guru mengalami peningkatan berkategori sedang ketika diberikan perlakuan, dan 20% guru mengalami peningkatan penguasaan pedagogik kategori tinggi. 2) Rata-rata nilai presentase ketercapaian respon guru terhadap pelatihan pedagogik melalui pemanfaatan pembelajaran berbasis teks sebesar 78.4%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan secara umum bahwa kompetensi pedagogik mengalami peningkatan melalui pelatihan pemanfaatan model pembelajaran berbasis teks di SMP/Mts Alkairaat Ambon.
Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Model Pembelajaran Berbasis Teks.
Abstract
This study aims to improve pedagogical competence through training in the use of text-based learning models at SMP/Mts Alkairaat Ambon. The research subjects were Indonesian teachers at SMP/Mts Alkairaat Ambon, totaling 5 teachers. This type of research is descriptive quantitative and qualitative research. The research design used was one group pre-test and post-test design. Instruments in this study include; (1) test instruments, in this case to measure pedagogic mastery before and after treatment. (2) teacher response questionnaire, to see the teacher's response to the treatment used. Data analysis used quantitative descriptive analysis to describe the data as it is in the form of percentages and explain data or events with explanatory sentences qualitatively. Data analysis techniques used include: qualitative descriptive analysis including: pedagogical mastery test results and teacher responses. The results showed that: 1) 80% of teachers' pedagogical mastery increased in the moderate category when given treatment, and 20% of teachers experienced an increase in pedagogic mastery in the high category. 2) The average percentage of teachers' response to pedagogic training through the use of text-based learning is 78.4%. Based on the results of the research, it can be concluded in general that pedagogical competence has increased through training in the use of text-based learning models at SMP/Mts Alkairaat Ambon.
Keywords: Pedagogic Competence, Text-Based Learning Model.