PELATIHAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS TEKS BAGI GURU MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KEPULAUAN ARU
Main Article Content
Abstract
Perkembangan pendidikan semakin menuntut pengetahuan dan kompetensi yang wajib dimiliki guru. Hal ini disebabkan oleh factor peran guru sebagai fasilitator atau penyalur ilmu pengetahuan. Guru dituntut memiliki kompetensi yang harus dikembangkan mencakup kompetensi kepribadian, kompetensi pedagogik, kompeten sisosial, dan kompetensi profesional yang akan didapatkan jika mengikuti pendidikan profesi. Dengan demikian, guru harus punya kompetensi dengan cara merencanakan dan mengembangkan pembelajaran. Cara yang dapat dikembangkan adalah dengan membentuk strategi pembelajaran supaya dapat mengacu pada karakteristik peserta didik, materi ajar, kompetensi yang ingin dicapai, serta menyusun rancangan pembelajaran. Cara seperti ini lebih mudah diaplikasikan melalui pembelajaran berbasisteks, karena teks dijadikan sebagai sarana penyalur kreativitas dan pengalaman.
Namun, kenyataannya, tidaksemua guru mengembangkan pembelajaran berbasis teks, termasuk pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Tidak semua guru dapat mengaplikasikan pengetahuan melalui pembelajaran berbasis teks dengan mudah. Guru kadang tidak mampu memilah dan memilih teks yang sesuai dengan kebutuhan siswa agar tujuan pembelajaran tercapai, padahal pertimbangan teks yang sesuai dapat diperoleh dari konteks sosial dan konteks budaya sebagai keberagaman wujud teks. Oleh karena itu, perlu pelatihan yang muatannya berupa strategi pembelajaran berbasis teksbagi guru mata pelajaran bahasa Indonesia, sebagai upaya pendampingan pengembangan kompetensi guru khususnya di Kabupaten Kepulauan Aru.
Kata Kunci: Strategi pembelajaran. pembelajaran berbasis teks, Guru Bahasa Indonesia.
Abstract
The development of education increasingly demands knowledge and competencies that teachers must have. This is due to the teacher's role as a facilitator or distributor of knowledge. Teachers are required to have competencies that must be developed including personality competencies, pedagogic competencies, social competencies, and professional competencies that will be obtained if they attend professional education. Thus, teachers must have competence by planning and developing learning. The way that can be developed is to form a learning strategy so that it can refer to the characteristics of students, teaching materials, competencies to be achieved, as well as developing learning plans. This method is easier to apply through text-based learning, because the text is used as a means of channeling creativity and experience.
However, in reality, not all teachers develop text-based learning, including Indonesian subjects. Not all teachers can apply knowledge through text-based learning easily. Teachers are sometimes unable to sort and select texts that suit the needs of students so that learning objectives are achieved, even though appropriate consideration of texts can be obtained from the social context and cultural context as the diversity of text forms. Therefore, it is necessary to train the content in the form of text-based learning strategies for Indonesian language subject teachers, as an effort to assist teacher competency development, especially in the Aru Islands Regency.
Keywords: Learning strategies. text-based learning, Indonesian teacher.