LOKAKARYA TEKNOLOGI DALAM PENGEMBANGAN PROFESIONALITAS GURU: PENILAIAN SPEAKING DAN READING

Main Article Content

Rosina Fransisca Joan Lekawael
Louisa Sarah Kamanasa
Susan Surlia
Wellem Pentury

Abstract

Assessment (penilaian) adalah salah satu kegiatan yang harus dilakukan oleh guru selain melakukan kegiatan belajar-mengajar. Penilaian yang efektif harus didukung oleh pemahaman konsep tentang penilaian dan ketrampilan untuk dapat diterapkan dalam pembelajaran. Guru lebih banyak fokus kepada penyiapan pengajaran sehingga tidak dapat merancang penilaian formatif yang efektif dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Salah satu keterbatasan guru adalah tidak menggunakan teknologi berbasis software (aplikasi) yang dapat digunakan guna menunjang penilaian guru dalam kelas agar lebih mudah, efektif, dan efisien. Hal ini merupakan keterbatasan bahkan kesenjangan yang terjadi di dunia Pendidikan di Kabupaten Maluku Barat Daya Kota Tiakur. Kendala ini sekaligus menjadi tantangan yang perlu dihadapi oleh seluruh elemen Pendidikan di Kabupaten Maluku Barat Daya, khususnya pihak penanggungjawab Pendidikan dalam mencerdaskan anak bangsa agar memiliki kompetensi yang lebih baik. Fokus kegiatan PkM ini adalah melatih guru-guru SMA/SMK se-kota Tiakur untuk memahami dan mampu menerapkan asesmen dengan menggunakan aplikasi Flipgrid Application, Extempore Aplication, Quizizz Aplication, and Teachmint Application. Keempat aplikasi tersebut mempunyai fitur-fitur yang berbeda, dapat digunakan untuk proses penilaian didalam kelas Bahasa Inggris. Flipgrid dan Extempore dapat digunakan untuk menilai skill speaking atau kemampuan berbicara siswa. Sementara itu, Quizizz app dan Teachmint app digunakan untuk menilai Reading skill atau kemampuan membaca siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Lekawael, R. F. J., Kamanasa, L. S., Surlia, S., & Pentury, W. (2022). LOKAKARYA TEKNOLOGI DALAM PENGEMBANGAN PROFESIONALITAS GURU: PENILAIAN SPEAKING DAN READING. Gaba-Gaba : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Dalam Bidang Pendidikan Bahasa Dan Seni, 2(2), 62-67. https://doi.org/10.30598/gabagabavol2iss2pp62-67
Section
Articles