LOKAKARYA TEKNOLOGI DALAM PENGEMBANGAN PROFESIONALITAS GURU: PENILAIAN SPEAKING DAN READING

Main Article Content

Rosina F. J. Lekawael
Louisa Sarah Kamanasa
Susan Surlia
Wellem Pentury

Abstract

Abstrak


Assessment (penilaian) adalah salah satu kegiatan yang harus dilakukan oleh guru selain melakukan kegiatan belajar-mengajar. Penilaian yang efektif harus didukung oleh pemahaman konsep tentang penilaian dan ketrampilan untuk dapat diterapkan dalam pembelajaran. Guru lebih banyak fokus kepada penyiapan pengajaran sehingga tidak dapat merancang penilaian formatif yang efektif dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Salah satu keterbatasan guru adalah tidak menggunakan teknologi berbasis software (aplikasi) yang dapat digunakan guna menunjang penilaian guru dalam kelas agar lebih mudah, efektif, dan efisien. Hal ini merupakan keterbatasan bahkan kesenjangan yang terjadi di dunia Pendidikan di Kabupaten Maluku Barat Daya Kota Tiakur. Kendala ini sekaligus menjadi tantangan yang perlu dihadapi oleh seluruh elemen Pendidikan di Kabupaten Maluku Barat Daya, khususnya pihak penanggungjawab Pendidikan dalam mencerdaskan anak bangsa agar memiliki kompetensi yang lebih baik.Fokus kegiatan PkM ini adalah melatih guru-guru SMA/SMK se-kota Tiakur untuk memahami dan mampu menerapkan asesmen dengan menggunakan aplikasi Flipgrid Application, Extempore Aplication, Quizizz Aplication, and Teachmint Application. Keempat aplikasi tersebut mempunyai fitur-fitur yang berbeda, dapat digunakan untuk proses penilaian didalam kelas Bahasa Inggris. Flipgrid dan Extempore dapat digunakan untuk menilai skill speaking atau kemampuan berbicara siswa. Sementara itu, Quizizz app dan Teachmint app digunakan untuk menilai Reading skill atau kemampuan membaca siswa.


Kata Kunci: teknologi, penilaian, berbicara, membaca.


 Abstract


Assessment (assessment) is one of the activities that must be carried out by the teacher in addition to teaching and learning activities. Effective assessment must be supported by an understanding of the concept of assessment and skills to be applied in learning. Teachers focus more on teaching preparation so they cannot design effective formative assessments in learning English. One of the limitations of teachers is not using software-based technology (applications) that can be used to support teacher assessments in class so that they are easier, more effective and efficient. This is a limitation and even a gap that occurs in the world of education in Southwest Maluku Regency, Tiakur City. This obstacle is at the same time a challenge that needs to be faced by all elements of Education in Southwest Maluku Regency, especially those in charge of Education in educating the nation's children so they have better competence. The focus of this PkM activity is to train high school/vocational school teachers in Tiakur city to understand and be able to apply assessments using the Flipgrid Application, Extempore Application, Quizizz Application, and Teachmint Application. The four applications have different features, which can be used for the assessment process in English classes. Flipgrid and Extempore can be used to assess students' speaking skills or speaking abilities. Meanwhile, the Quizizz app and Teachmint app are used to assess students' reading skills.


Keywords: technology, assessment, speaking, reading.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Lekawael, R., Kamanasa, L., Surlia, S., & Pentury, W. (2022). LOKAKARYA TEKNOLOGI DALAM PENGEMBANGAN PROFESIONALITAS GURU: PENILAIAN SPEAKING DAN READING. Gaba-Gaba : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Dalam Bidang Pendidikan Bahasa Dan Seni, 2(1), 142-146. https://doi.org/10.30598/gabagabavol2iss1pp142-146
Section
Articles