Lingkungan Fisik dan Lingkungan Sosial dalam Menopang Kinerja Guru Ekonomi Madrasah Aliyah di Kabupaten Gorontalo
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampk lingkungan fisik dan lingkungan social dalam menopang kinerja guru ekonomi pada MA di Kabupaten Gorontalo. Dengan jumlah responden 34 orang. Dengan menggunakan metode penelitian Kuantitatif, dengan analisis Regresi berganda dengan alat Bantu SPSS 24. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut ; 1) Pengaruh lingkungan fisik (X1) secara parsial terhadap kinerja guru (Y) yaitu sebesar 0,053, hal ini dapat diterima karena lingkungan fisik (X1) bukanlah satu-satunya parameter yang menentukan kinerja guru di Tingkat Madrasyah Aliyah Kabupaten Gorontalo. Secara statistik menunjukkan bahwa fasilitas fisik sekolah tidak berpengaruh penting dalam peningkatan kinerja guru, hal ini dengan terbatasnya fasilitas penunjang sekolah, masih bisa meningkatkan motivasi guru untuk meningkatkan kinerjanya. 2) pengaruh lingkungan sosial (X2) secara parsial terhadap kinerja guru (Y) yaitu sebesar 0,907 atau sebesar 97,3%, hal ini dapat diterima karena lingkungan sosial (X2) sangatlah signifikan memberi penguatan dalam keberhasilan kinerja guru dikelas maupun diluar kelas yang menentukan kinerja guru di Tingkat Madrasyah Aliyah Kabupaten Gorontalo. Secara statistik menunjukkan bahwa lingkungan sosial berpengaruh sangat penting dalam peningkatan kinerja guru, hal ini menjadi modal dasar bagi guru untuk meningkatkan kualitas pemebelajaran di sekolah dan bisa meningkatkan motivasi guru untuk meningkatkan kinerjanya. 3) Secara bersama-sama penelitian tentang pengaruh lingkungan fisik dan lingkungan sosial secara simultan terhadap kinerja guru sebesar 0.973 atau 97,3%. Sementara sekitar 7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan ke dalam model penelitian. Hal itu dapat dimaklumi karena kinerja guru tidak hanya ditentukan oleh faktor lingkungan fisik dan lingkungan sosial saja, karena faktor-faktor lain juga sangat mungkin ikut berpengaruh terhadap kinerja guru, misalnya guru tersertifikasi, kualifikasi pendidikan guru sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruh lingkungan fisik dan lingkungan sosial secara keseluruhan terhadap kinerja guru sebesar 97,3% dapat diterima
Downloads
Copyright (c) 2023 Muchtar Ahmad, Djoko L Radji
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.