Analisis Sadar Bencana Melalui Pembelajaran Geografi: Studi Literatur

  • Asep Asep Universitas Pattimura
  • Rery Novio Universitas Negeri Padang
Keywords: Kebencanaan, Pendidikan Geografi, Sadar Bencana

Abstract

Penelitian ini bertujuan memberikan deskripsi terkait pendidikan geografi melalui pembelajaran geografi dalam rangka peningkatan kesadaran bencana. Penelitian ini disusun dengan metode deskriptif kualitatif dengan melakukan studi literatur berdasarkan penelitian yang berhubungan dengan penelitian ini. Hasil analisis literatur menunjukan bahwa Pembelajaran geografi memiliki peran yang krusial dalam meningkatkan kesadaran bencana di kalangan siswa. Dalam konteks ini, pemahaman akan faktor-faktor yang memicu bencana alam, seperti topografi, iklim, dan geologi, menjadi landasan yang penting. Melalui pembelajaran geografi, siswa tidak hanya memahami bagaimana lingkungan fisik memengaruhi terjadinya bencana, tetapi juga dapat mengidentifikasi daerah-daerah yang rentan terhadap ancaman tersebut. Selain itu, pembelajaran geografi memberikan wawasan yang mendalam tentang dampak sosial dan ekonomi dari bencana. Siswa belajar tentang kerentanan sosial, distribusi kerusakan, dan ketidaksetaraan dalam pemulihan pasca-bencana, yang semuanya merupakan aspek penting dalam pemahaman menyeluruh tentang bencana. Pendekatan pembelajaran yang melibatkan proyek, teknologi, dan studi kasus membantu siswa mengembangkan keterampilan praktis, seperti analisis spasial, pemetaan risiko, dan pengambilan keputusan berbasis data, yang esensial dalam manajemen bencana. Selain itu, pembelajaran geografi juga berpotensi untuk mempengaruhi sikap dan perilaku siswa terkait bencana. Dengan menjadi lebih sadar akan pentingnya kesiapsiagaan dan mitigasi bencana, siswa menjadi lebih cenderung terlibat dalam upaya perlindungan diri sendiri dan komunitas mereka, membentuk masyarakat yang lebih tangguh terhadap ancaman bencana alam

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-07-31
How to Cite
Asep, A., & Novio, R. (2024). Analisis Sadar Bencana Melalui Pembelajaran Geografi: Studi Literatur. Jurnal Geografi, Lingkungan Dan Kesehatan, 2(1), 40-46. https://doi.org/10.30598/jglk.2.1.13673