Urgensi Pembelajaran Geografi dalam Perencanaan Projek Pelajar Pancasila Berbasis Mitigasi Bencana: Penguatan Pengetahuan dan Karakter Peduli Lingkungan
Abstract
Pendidikan kebencanaan merupakan hal penting terutama bagi negara seperti indonesia. Pendidikan kebencanaan diimplementasikan salah satu melalui pembelajaran geografi, pembelajarn geografi tersedia pendidikan mitigasi bencana sebagai arah dalam pembentukan karakter peduli lingkungan dan lainya. salah satu bentuk implementasi yakni melalui projek pelajar pencasila Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kajian teoritis yang bertujuan untuk menegaskan pentingnya pembelajaran geografi dalam mendukung implementasi projek pelajar pancasila. Metodologi kajian teoritis merupakan pendekatan yang berfokus pada penelaahan, analisis, dan sintesis literatur serta teori-teori yang relevan untuk membangun kerangka konseptual yang kuat dalam suatu penelitian Pembelajaran geografi memiliki peran yang sangat krusial dalam memberikan pemahaman yang mendalam tentang risiko bencana yang dihadapi oleh Indonesia, Implementasi Projek Pelajar Pancasila merupakan inisiatif strategis yang bertujuan untuk mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila ke dalam pendidikan sehari-hari, sehingga membentuk karakter siswa yang berintegritas, berdaya saing, dan mampu berkontribusi positif bagi bangsaimplementasi Projek Pelajar Pancasila merupakan upaya untuk menciptakan lingkungan belajar yang tidak hanya fokus pada pencapaian akademis, tetapi juga pada pembentukan karakter dan keterampilan hidup yang esensial. Oleh karenanya dalam pengembangan projek pancasila berbasis pada pembelajaran geografi diperlukan kreativitas dalam perencanaan, pelekasnaan, dan evaluasi pembelajaran.
Downloads
Copyright (c) 2024 Asep, Cahyadi Nugrohutri, Rizki Amelia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.