Perbandingan Model Pembelajaran Jigsaw Dan Numbered Heads Together terhadap Hasil Belajar Peserta didik Kelas X Dalam Mata Pelajaran Geografi Pada SMA Negeri 1 Ambon

  • Estin I Maahury Universitas Pattimura
  • Merti S Rosely Universitas Pattimura
Keywords: Pendidikan, Model Pembelajaran, Hasil Belajar, Peserta Didik

Abstract

Pemerintah memiliki peranan penting dalam menyediakan sarana dan prasarana pendidikan, sebagai persiapan untuk kehidupan yang lebih baik di masa depan dan mendukung semua kebutuhan anak. Keberhasilan dalam pendidikan sangat dipengaruhi oleh efektivitas kegiatan belajar mengajar. Proses mengajar bertujuan untuk membantu peserta didik mencapai tujuan belajar yang ditetapkan dengan menggunakan berbagai metode yang bervariasi, demi meningkatkan mutu dan kualitas pembelajaran yang berorientasi pada kompetensi. Tingkat keberhasilan belajar seorang peserta didik dapat diukur melalui tes, baik tes sumatif maupun formatif. Penting bagi pendidik untuk memperhatikan peserta didik tidak hanya di dalam kelas saat proses tatap muka, tetapi juga di luar kelas. Oleh karena itu, pendidik perlu memilih model yang tepat untuk peserta didik di masa kini, hal ini terlihat di SMA Negeri 1 Ambon. Metode yang digunakan digunakan dalam penelitian ini adalah tipe penelitian kuantitatif dengan menggunakan model Jigsaw Kelas Eksperimen) dan kelompok yang diajarkan dengan menggunakan model Numbered Heads Together (Kelas Kontrol) Dari hasil perhitungan di peroleh lebih kecil dari Ft (1,87) < F hitung (0,8571). Dengan demikian maka Hipotesis Nol (Ho) diterima  dan sebagai konsekuensinya hipotesis alternatif (H1 ) ditolak hasil belajar terakhir (0,2223) > t-tabel (1,701), dengan menggunakan derajat kebebasan (df 28 α 0,05) jauh lebih kecil dari nilai t-tabel (1,701). Maka Ho yang mengatakan tidak ada pengaruh antara Jigsaw dan Numbered Head Together diterima.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-05-29
How to Cite
Maahury, E. I., & Rosely, M. S. (2025). Perbandingan Model Pembelajaran Jigsaw Dan Numbered Heads Together terhadap Hasil Belajar Peserta didik Kelas X Dalam Mata Pelajaran Geografi Pada SMA Negeri 1 Ambon. Jurnal Geografi, Lingkungan Dan Kesehatan, 3(1), 66-80. https://doi.org/10.30598/jglk.3.1.18118