Peran Lembaga Adat dan Pengaruhnya Terhadap Pelaksanaan Pembangunan di desa Batu Merah Kota Ambon

  • Haris Bin Haji Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Abdulazis Kataloka
Keywords: Lembaga Adat 1;, Pelaksanaan pembangunan 2;, Pemerintahan adat 3;, Relasi kekuasaan 4.

Abstract

Penelitian yang dilakukan untuk melakukan analisis pengaruh peran lembaga adat dalam pelaksanaan pembangunan di Desa Batu Merah Kota Ambon. Lemahnya peran lembaga-lembaga adat di Maluku dalam memberikan kontribusi gagasan belum dirasakan sebagai lembaga yang memiliki kekuataan kekuasaan sebagai penyeimbang pemerintah adat. Permasalahan tersebut sehingga saat menarik untuk melakukan studi pemerintahan adat sebagai bagian sistem pemerintah desa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitaif dengan membagi pertayaan penelitian kepada informan kunci untuk mengetahui seberapa pengaruh lembaga adat dalam melakukan perencanaan pembangunanan. Hasil penelitian  (1). Hipitesis Nihil (Ho) yaitu tidak ada hubungan yang signifikan antara Peran Lembaga Adat Dengan Penyelenggaraan Pembangunan Desa di Desa Batu Merah Kecamatan Sirimau Kota Ambon. (2). Hipotesis Alternatif (Ha) yaitu ada hubungan yang signifikan Peran Lembaga Adat Dengan Penyelenggaraan Pembangunan Desa di Desa Batu Merah Kecamatan Sirimau Kota Ambon. Sehingga tidak ada hubungan yang sangat signifikan peran lembaga adat dalam perencanaan pembangunan namun di pengaruh oleh faktor lain.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

D. Zuraida dan J. Rizal. (1993). Masyarakat dan Manusia dalam Pembangunan. Pokok-pokok Pikiran Selo Soemardjan, Pustaka Sinar Harapan, Jakarta.

G. Kartasaputra; dkk. (1986). Desa dan Peranan dan Tata Pemerintahannya, Bina Aksara, Jakarta.

Johnson, Doyle Paul (1988) Teori Sosiologi Klasik dan Modern Jilid I. Diindonesiakan oleh Robert MZ Lawang, PT Gramedia: Jakarta

Herizal, H., Mukhrijal, M., & Wance, M. (2020). Pendekatan akuntabilitas pelayanan publik dalam mengikuti perubahan paradigma baru administrasi publik. Journal of Governance and Social Policy, 1(1).

Hilman Budikusuma. 1992). Pengantar Ilmu Hukum Adat di Indonesia, Mandar Maju

Salim, Emil. (1999). Opini Masyarakat dari Krisis ke Reformasi, Demokratisasi dan Otonomi Mencengah Disintegrasi Bangsa, Jakarta, Kompas.

Soejono Sukanto. (1994). Pengantar Penelitian Hukum, Universita Indonesia

Syaukani, dkk. (2000). Otonomi Daerah dalam Negara Kesatuan, Yogyakarta, Kerja sama Pustaka Pelajar dan Pusat dan Pengkajian Etika Politik dan Pemerintahan.

Tjokroaminoto Moelijarto. (1989). Pembangunan Negara Berkembang, Aplikasi, Praktek dan Teori, PPs – UGM, Jogjakarta.

The Liang Gie. (1986). Pertumbuhan Pemerintahan Daerah di Negara Republik Indonesia, Jilid III, Jakarta, Rajawali Press.

Wance, M., Muhtar, M., & Kaliky, P. I. (2020). PKM Penyelenggaraan Pemerintahan Dalam Perencanaan Pembangunan Negeri Hila Kabupaten Maluku Tengah. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 229-338.

Published
2022-02-01
How to Cite
Haji, H. (2022). Peran Lembaga Adat dan Pengaruhnya Terhadap Pelaksanaan Pembangunan di desa Batu Merah Kota Ambon. Journal of Government Science Studies, 1(1), 09-17. https://doi.org/10.30598/jgssvol1issue1page09-17
Section
Articles