Kebijakan Pemerintah dalam Penyedian Lahan Pemakaman Umum Masyarakat Kecamatan Sirimau

  • Regina P Lainata Universitas Pattimura
  • Mike J Rolobessy Universitas Pattimura
  • Atikah Khairunnisa Universitas Pattimura
Keywords: Penataan Pemakaman 1;, Penyedian Lahan 2;, Daya Tampung 3.

Abstract

Penataan tempat pemakaman umum (TPU) menjadi persoalan minimnya lahan di Kota Ambon di Kecamatan Sirimau. Persoalan penyedian lahan perkuburan masyarakat yang memiliki daya tampung semakin sempit dan kecil. Kebun Cengkeh mempunyai luas lahan sekitar 5 hektar di bagi menjadi 2 kuburan yaitu 2,5 hektar perkuburan Islam dan 2,5 hektar lagi perkuburan Kristen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan melakukan wawancara mendalam untuk mengetahui penyedian lahan pemakaman masyarakat. Temuan penelitian dilapangan adalah sebagai berikut (1). lahan tempat pemakaman umum tidak tertata rapi, terlihat semrawut dan sudah tidak layak lagi digunakan sebagai tempat pemakaman umum. (2). Tata wilayah di tempat pemakaman umum yang berada di Kecamatan Sirimau tidak sesuai dengan aturan yang ada (3). Terjadinya tumpang tindih pemakaman dalam satu tempat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. (1995). Manajemen Penelitian, Rineka Cipta, Jakarta.

Diwiryo, Ruslan. (1996). Panel Nasional Ahli Pembangunan Prasarana : Pembangunan prasarana perkotaan di Indonesia. Jakarta. Departemen Pekerjaan Umum.

Darudono, Dodot. (2002). Partisipasi Masyarakat dalam Pelaksanaan Program Pendukung Pembangunan Desa (Sustu Studi di Desa Panggungrejo Kecamatan Panggungrejo Kabupaten Blitar), Unibraw Malang.

Grigg, N. (1988). Infrastructure Engineering and Management, John Wiley & S

Herizal, H., Mukhrijal, M., & Wance, M. (2020). Pendekatan akuntabilitas pelayanan publik dalam mengikuti perubahan paradigma baru administrasi publik. Journal of Governance and Social Policy, 1(1).

Jayadinata, Johara T. (1992). Pembangunan Desa dalam Perencanaan. Bandung: ITB.

Moleong, Lexy J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Sadyohutomo. (2008). Manajemen Kota dan Wilayah, Bumi Aksara, Jakarta

Tuanaya, W., & Wance, M. (2021). Wayame village government partnership pattern in handling COVID 19 in Ambon city. Turkish Journal of Physiotherapy and Rehabilitation, 32(3).

Tarigan, Robinson. (2005). Ekonomi Regional (Teori dan Aplikasi), PT. Bumi Aksara, Cetakan Pertama. Jakarta.

Published
2022-02-01
How to Cite
Lainata, R., Rolobessy, M., & Khairunnisa, A. (2022). Kebijakan Pemerintah dalam Penyedian Lahan Pemakaman Umum Masyarakat Kecamatan Sirimau. Journal of Government Science Studies, 1(1), 39-49. https://doi.org/10.30598/jgssvol1issue1page39-49
Section
Articles