Efektivitas Sistem Transaksi Non Tunai dalam Layanan Parawisata di Kabupaten Sinjai

  • Salman Salman Universitas Muhammadiyah Sinjai, Indonesia
  • Zulkifli Arifin Universitas Muhammadiyah Sinjai, Indonesia
  • Hasdinawati Hasdinawati Universitas Muhammadiyah Sinjai, Indonesia
Keywords: Efektivitas, Sistem Transaksi Non Tunai, Layanan Pariwisata

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas sistem transaksi non tunai dalam layanan pariwisata di Kabupaten Sinjai. Metode penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Temuan penelitian menunjukkan bahwa Efektivitas Sistem transaksi non tunai dalam layanan pariwisata didapatkan bahwa belum efektif mulai dari Kejelasan tujuan yang hendak dicapai, Kejelasan strategi pencapaian tujuan, Perencanaan yang matang, Penyusunan program yang tepat, Tersedianya sarana dan prasarana serta Sistem pengawasan dan pengendalian. Pelaksanaan transaksi non tunai ini belum efektif dalam pelaksanaannya karena masih dalam proses migrasi dari tunai ke non tunai sehingga belum efektif karena belum semua masyarakat mengetahui dan punya aplikasi di Hpnya masing-masing hanya masih ada beberapa orang yang mansetnya uang harus dipegang atau yang ada memang aksesnya susah untuk layanan digital seperti hp, jaringan dan aplikasi dan terkendala dari kurangnya sumber daya manusia, kurangnya sosialisasi serta petugas dan pengunjung belum paham penggunaan transaksi non tunai.

Luaran kajian disarankan agar penerapan transaksi non tunai pada layanan pariwisata dapat memberikan layanan yang prima kepada pengunjung, baiknya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dapat melakukan tindakan dengan melakukan kerjasama dengan pihak provider dalam pembuatan tower atau penambahan fasilitas lainnya yang berguna dalam menunjang peningkatan jangkauan sinyal sehingga permasalahan yang muncul diakibatkan keterbatasan sinyal dapat teratasi serta mengadakan pelatihan dalam rangka upgrading untuk peningkatan sumber daya manusia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Kadir. (2003.) Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta: (UPP) AMP YKPN.

Asrin, A., Acmad, F. Y., & Sadat, A. (2022). Evaluasi Kebijakan BPNT Evaluasi Kebijakan Program Bantuan Pangan Non Tunai Pada Keluarga Miskin di Kelurahan Baadia Kota Baubau. Journal of Government Science Studies, 1(2), 86-94.

Ali Marsuki, dkk. (2020). Pedoman Penulisan Proposal dan Skripsi Edisi 4 Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Muhammadiyah Sinjai.

Ekram, I., Tuanaya, W., & Wance, M. (2022). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pelayanan Publik Kantor Manunggal Satu Atap Provinsi Maluku. Journal of Governance and Social Policy, 3(1), 1-13.

Herizal, H., Mukhrijal, M., & Wance, M. (2020). Pendekatan akuntabilitas pelayanan publik dalam mengikuti perubahan paradigma baru administrasi publik. Journal of Governance and Social Policy, 1(1), 24-34.

Mangani, K.S. (2009). Bank dan Lembaga Keuangan Lain. Jakarta: Erlangga.

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. (2000). Evaluasi Kinerja SDM. Bandung: Refika Aditama.

Noya, J. (2022). Proses Demokratisasi dalam Pelaksanaan Pembangunan Pada Kecamatan Seram Utara Barat Kabupaten Seram Bagian Barat. Journal of Government Science Studies, 1(2), 95-104.

Pendit. (2002). Ilmu Pariwisata Sebuah Pengantar Perdana. Jakarta : Pradya Paramita.

Pohan, Aulia. (2011). Sistem Pembayaran Strategi dan Implementasi Di Indonesia: Jakarta: Rajawali Pers.

Pohan, H.G. dan N.T. Antara. (2001). Pengaruh Penambahan Madu dan Asam Sitrat Terhadap Karakteristik Minuman Fungsional dari Sari Buah Mengkudu. (4) : 11−20. Forum Komunikasi IHP.

Pramono, B. Dkk. (2006). Dampak Pembayaran Non Tunai Terhadap Perekonomian Dan Kebijakan Moneter. Jakarta: Bank Indonesia.

Prawirosentono, Suyadi. (1999). Kebijakan Kinerja Karyawan. Yogyakarta: BPFE.

Radiah Sitti, (2011). Skripsi Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Kepala Desa Dalam Pelaksanaan Tugas Pemerintahan di Desa Saukang Kecamatan Sinjai Timur Kabupaten Sinjai. STISIP Muhammadiyah Sinjai.

Sedarmayanti, (2009).Tata Kerja dan Produktivitas Kerja. Bandung: Mandar Maju

Selanno, H., & Wance, M. (2021). Performance Of Inspectorate In Supervision Of Government Administration In Buru Selatan Regency. Sosiohumaniora, 23(2), 189-157.

Simamora, Henry. (2004). Manajemen SumberDaya Manusia. Yogyakarta: STIEYKPN.

Sumarwan, Ujang. (2015). Perilaku Konsumen Teori Penerapannya Dalam Pemasaran Edisi Kedua. Cetakan Ketiga. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Spillane. (2016). Pengembangan Pariwisata Dalam Konteks Pembangunan Wilayah. Online dari http://www.radarplanologi.com. Diakses tanggal 12 januari 2021.

Untoro, J. (2014). Audit Energi dan Analisis Penghematan Konsumsi Energi pada Sistem Peralatan Listrik. Jakarta: Wahyu Media

Milles, M.B. and Huberman, M.A. (1992). Analisa Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia.

Sugiono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung.

.............., Hoy dan Miskel. (2003). Metode Penelitian Administrasi, Bandung. Alfabeta.

Yoeti, Oka. A. (2000). Ekowisata: Pariwisata Berwawasan Lingkungan. Jakarta: PT. Pertja

Wijaya, A. A. M., & Basir, M. A. (2022). Transparansi Pelayanan Publik dalam Administrasi Kependudukan di Kantor Kelurahan Labalawa Kecamatan Betoambari Kota Baubau. Journal of Government Science Studies, 1(2), 50-57.

Wance, M. (2018). Efektivitas Pelayanan Transportasi Publik (Studi Pelayanan Pt Asdp Pelabuhan Bastiong Tahun 2017). Jurnal Of Government (JOG), 3(2).

Peraturan Perundang-undangan

Undang-undang Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan

Peraturan Daerah Kabupaten Sinjai Nomor 6 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Usaha Kepariwisataan Kabupaten Sinjai

Peraturan Bupati Sinjai Nomor 73 Tahun 2016 tentang Susunan organisasi, kedudukan, tugas pokok dan fungsi serta tata kerja Dinas Pariwisata dan Kebudayaan.

Peraturan Kemenkes Nomor HK.01.07/MENKES/ 328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di tempat kerja perkantoran dan industri dalam mendukung keberlangsungan usaha pada situasi Pandemi

Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 09 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro dan Mengoptimalkan Posko Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Tingkat Desa dan Kelurahan untuk Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19)

Surat Edaran Bupati Sinjai Nomor 829 Tahun 2021 tentang Penerapan Protokol Kesehatan pada Objek wisata dalam masa libur lebaran Idul Fitri 1442 H Tahun 2021 di Kabupaten Sinjai

Published
2023-04-25
How to Cite
Salman, S., Arifin, Z., & Hasdinawati, H. (2023). Efektivitas Sistem Transaksi Non Tunai dalam Layanan Parawisata di Kabupaten Sinjai. Journal of Government Science Studies, 2(1), 45-50. https://doi.org/10.30598/jgssvol2issue1page59-64
Section
Articles