Peningkatan Motivasi Belajar Ips Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri 31 Seram Bagian Timur

Improving Students’ Learning Motivation in Social Studies through the Jigsaw Cooperative Learning Model among Seventh-Grade Students of SMP Negeri 31 Seram Bagian Timur

  • Sarjono Rumida Program Studi Pendidikan Geografi FKIP Universitas Pattimura
  • Melianus Salakory Program Studi Pendidikan Geografi FKIP Universitas Pattimura
  • Ferdinand Salomo Leuwol Program Studi Pendidikan Geografi FKIP Universitas Pattimura
Keywords: motivasi belajar, pembelajaran kooperatif, model Jigsaw

Abstract

Rendahnya motivasi belajar IPS di kalangan siswa kelas VII SMP Negeri 31 Seram Bagian Timur menjadi perhatian penting dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan mengetahui dampaknya terhadap peningkatan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus tindakan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII, sedangkan data dikumpulkan melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada motivasi belajar siswa yang tercermin dalam partisipasi aktif, ketekunan, dan tanggung jawab terhadap pembelajaran. Kesimpulan menunjukkan bahwa model Jigsaw mampu menciptakan suasana belajar yang kolaboratif dan menyenangkan, sehingga siswa lebih terlibat dan antusias dalam proses pembelajaran. Hal ini memperkuat posisi pendekatan kooperatif sebagai solusi strategis dalam konteks pembelajaran IPS. Implikasi dari temuan ini mendorong guru untuk mengadopsi model pembelajaran yang lebih partisipatif.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-11-12
How to Cite
Rumida, S., Salakory, M., & Leuwol, F. S. (2025). Peningkatan Motivasi Belajar Ips Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri 31 Seram Bagian Timur. JENDELA PENGETAHUAN, 19(1), 74-86. https://doi.org/10.30598/jp19iss1pp74-86

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>