Peran dan Statregi Guru dalam Meningkatkan Literasi Digital Siswa di Sma Negeri 10 Seram Bagian Timur Desa Miran Kecamatan Gorom Timur Kabupaten Seram Bagian Timur

Teachers’ Roles and Strategies in Enhancing Students’ Digital Literacy at SMA Negeri 10 Seram Bagian Timur, Miran Village, Gorom Timur District, East Seram Regency

  • Ida Royani Rumodar
  • Mohammad Amin Lasaiba Program Studi Pendidikan Geografi FKIP Universitas Pattimura
  • Edward Gland Tetelepta Program Studi Pendidikan Geografi FKIP Universitas Pattimura
Keywords: peran guru, , literasi digital, strategi pembelajaran

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran guru dalam mengembangkan literasi digital siswa di wilayah terpencil seperti SMA Negeri 10 Seram Bagian Timur. Kondisi geografis yang menantang, terbatasnya infrastruktur, serta minimnya pelatihan guru menjadi hambatan serius dalam penerapan pembelajaran digital. Tujuan penelitian ini adalah menggambarkan bagaimana peran dan strategi guru dalam meningkatkan literasi digital siswa. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap guru dan siswa. Temuan menunjukkan bahwa guru mampu berperan sebagai fasilitator, motivator, dan teladan etika digital, meskipun dalam keterbatasan perangkat dan jaringan. Strategi seperti Project-Based Learning dan penggunaan WhatsApp untuk distribusi materi secara offline terbukti efektif. Kesimpulan menunjukkan bahwa guru tetap mampu berinovasi dalam membentuk keterampilan digital siswa. Penelitian ini mendorong penguatan pelatihan guru dan penyediaan infrastruktur pendidikan yang lebih adaptif bagi sekolah di daerah tertinggal.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-11-12
How to Cite
Rumodar, I. R., Lasaiba, M. A., & Tetelepta, E. G. (2025). Peran dan Statregi Guru dalam Meningkatkan Literasi Digital Siswa di Sma Negeri 10 Seram Bagian Timur Desa Miran Kecamatan Gorom Timur Kabupaten Seram Bagian Timur. JENDELA PENGETAHUAN, 19(1), 87-99. https://doi.org/10.30598/jp19iss1pp87-99

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>