Implementasi Penilaian Autentik pada Mata Pelajaran Ekonomi di Tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) se-Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon
Implementation of Authentic Assessment in Economics Subject at Senior High Schools (SMA) in Nusaniwe District, Ambon City
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat implementasi penilaian autentik dalam mata pelajaran ekonomi di tingkat Sekolah Menegah Atas (SMA) Negeri se-kecamatan Nusaniwe Kota Ambon. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif dengan metode survey terhadap sejumlah guru ekonomi yang berlokasi pada SMA Negeri yang tersebar di Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner terhadap 5 guru mata pelajaran ekonomi. Data kemudian dianalisis menggunakan statistik diskriptif melalui nilai mean dan persentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi penilaian Autentik pada mata pelajaran ekonomi cukup baik. Hal ini dilihat berdasarkan indikator perencanaan sebesar 74,6% (M : 3,73), indikator pelaksanaan sebesarĀ 49% (M : 2,45), Indikator analisis dan pelaporan sebesar 45,8%(M : 2,29), Indikator teknik dan instrumen penilaian pengetahuan sebesar 60% (M: 3), indikator teknik dan instrumen penilaian sikap sebesar 13,4% (M;0,67) serta indikator teknik dan instrumen penilaian keterampilan sebesar 80% (M: 4).
Dengan demikian guru diharapkan dapat membiasakan diri untuk melaksanakan penilaian autentik secara komprehensip dan mengembangkan kemampuan assesment melalui berbagai pelatihan dan workshop.
Downloads
Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Ekonomi (JPE)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.