IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI TINGKAT SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI SE-KECAMATAN NUSANIWE KOTA AMBON

  • Silvia Manuhutu Universitas Pattimura
Keywords: Kurikulum 2013, Penilaian Autentik, Pembelajaran Ekonomi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat implementasi penilaian autentik dalam mata pelajaran ekonomi di tingkat Sekolah Menegah Atas (SMA) Negeri se-kecamatan Nusaniwe Kota Ambon. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif dengan metode survey terhadap sejumlah guru ekonomi yang berlokasi pada SMA Negeri yang tersebar di Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner terhadap 5 guru mata pelajaran ekonomi. Data kemudian dianalisis menggunakan statistik diskriptif melalui nilai mean dan persentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi penilaian Autentik pada mata pelajaran ekonomi cukup baik. Hal ini dilihat berdasarkan indikator perencanaan sebesar 74,6% (M : 3,73), indikator pelaksanaan sebesar  49% (M : 2,45), Indikator analisis dan pelaporan sebesar 45,8%(M : 2,29), Indikator teknik dan instrumen penilaian pengetahuan sebesar 60% (M: 3), indikator teknik dan instrumen penilaian sikap sebesar 13,4% (M;0,67) serta indikator teknik dan instrumen penilaian keterampilan sebesar 80% (M: 4).

Dengan demikian guru diharapkan dapat membiasakan diri untuk melaksanakan penilaian autentik secara komprehensip dan mengembangkan kemampuan assesment melalui berbagai pelatihan dan workshop.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Permendikbud Nomor 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan.

Khafidzoh. (2016). Implementasi Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Ekonomi Di MA Se-Kabupaten Sleman Universitas Negeri Yogyakarta.

Kunandar. 2014. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta; Raja Grafindo Persada.

Leiwakabessy, Fredy. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta, Pensil Komunika

Masnur Muslich. (2011). Authentik Assessment (Penilaian Berbasis Kelas dan Kompetensi). Bandung: Rafika Aditama.

Mueller, John. 2011. Authentic Assesment. North Central College dalam Abdul Majid.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis. Cetakan ke-15. Bandung: ALFABETA

Tuti Alawiyah. 2016. Kendala Guru dalam Menerapkan Penilaian Autentik di SD Kabupaten Pidiekendala Guru dalam Menerapkan Penilaian Autentik di SD Kabupaten Pidie. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Unsyiah • 2016.
Published
2021-05-06
How to Cite
Manuhutu, S. (2021). IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI TINGKAT SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI SE-KECAMATAN NUSANIWE KOTA AMBON. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JPE), 1(1), 11-19. https://doi.org/10.30598/jpe.v1.i1.p11-19