PENGARUH DAYA TARIK DAN SARANA PRASARANA TERHADAP KEPUTUSAN WISATAWAN DALAM BERKUNJUNG KE OBJEK WISATA MUSEUM SIWALIMA AMBON
Abstract
Fenomena peningkatan kunjungan wisatawan berbanding terbalik dengan daya tarik dan sarana prasarana yang terdapat pada objek wisata Museum Siwalima Ambon. Sehingga mempengaruhi pengambilan keputusan wisatawan dalam berkunjung, maka penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui pengaruh daya tarik Museum Siwalima Ambon terhadap keputusan wisatawan ke Museum Siwalima Ambon. (2) Mengetahui pengaruh Sarana prasarana Museum Siwalima Ambon terhadap keputusan wisatawan ke Museum Siwalima Ambon. (3) Mengetahui pengaruh daya tarik dan sarana prasarana Museum Siwalima Ambon terhadap keputusan wisatawan ke Museum Siwalima Ambon. Wisatawan adalah orang-orang yang melakukan kegiatan wisata (Undang-Undang nomor 10 tahun 2009). Jadi menurut pengertian ini, semua orang yang melakukan perjalanan wisata dinamakan wisatawan. Apapun tujuannya yang penting, perjalanan itu bukan untuk menetap dan tidak untuk mencari nafkah ditempat yang dikunjungi. penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran angket (quisioner) dan studi kepustakaan yang nantinya akan dianalisis secara mendalam untuk melihat ada tidaknya pengaruh antara faktor daya tarik dan sarana prasarana terhadap keputusan wisatawan dalam berkunjung ke Objek Wisata Museum Siwalima Ambon. Variabel daya tarik mempengaruhi keputusan wisatawan dalam berkunjung ke objek wisata museum siwalima ambon sedangkanVariabel sarana prasarana tidak mempengaruhi keputusan wisatawan dalam berkunjung ke objek wisata museum siwalima ambon.
Downloads
References
Agustinus,Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen : Pedoman Penelitian untuk Skripsi, Tesis dan di sertai Ilmu Manajemen. Semarang Universitas Diponegoro.
Bookleft Pariwisata Provinsi Maluku 2016
Bookleft Museum Siwalima Ambon 2015
Epi Syahadat, Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kunjungan Wisatawan Di Taman Nasional Gede Pangrango (TNGP), 2005
Gamal, S. (2004). Dasar-Dasar Pariwisata. Yogyakarta : Andi
Hasibuan, Malayu S.P, 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Akrasa, Jakarta
Inskeep Edward. (1991) . Tourism Planning An Integrated and Sustainable Development Approach . New York : Van Nostrand Reinhold
J. Supranto, 2003, Statistik Teori dan Aplikasi, Edisi Lama, Penerbit Erlangga Jakata.
Kotler, Philip. (2000). Manajemen Pemasaran. Jakarta:PT. Ikrar Mandiri Abadi.
Kotler, Philip. 1995. Manajemen Pemasaran. Penerbit Erlangga, Jakarta.
McLeod, Raymond, Jr.George Schell. (2004). Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: PT. Indeks.
Moleong, Lexy J. (2005). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Muljadi, A.J. 2010. Kepariwisataan dan Perjalanan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Muljadi A.J, Kepariwisataan Dan Perjalanan, 2009
Muh.Risal Purnawan, Analisis Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Kunjungan Wisatawan Ke Museum (Studi Museum Jawa Tengah Ronggowarsito,Semarang) 2015
Myra. 1997. Pengantar Pariwisata. Jakarta. Gramedia Indonesia.
Nyoman S. Pendit. (2002). Ilmu Pariwisata Sebuah Pengantar Perdana. Jakarta: PT. Pradnya Paramita
Nyoman S Pendit.1999. Ilmu Pariwisata Sebuah Pengantar Perdana.cet.6.edisi revisi.jakarta: Pradnya Paramitha.
Pendit, Nyoman S. (1994). Ilmu Pariwisata Sebuah Pengantar Perdana . Jakarta : Pradnya Paramita
Pitana, I. Gede dan Gayatri, Putu G (2005) Sosiologi Pariwisata. Yogyakarta : Andi
Santoso, Singgih dan Fandy Tjiptono, 2002, Riset Pemasaran : Konsep dan Aplikasi dengan SPSS, Penerbit PT Granmedia , Jakarta
Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV.Alfabet.
Suwantoro, Gamal. 2004. Dasar-dasar Pariwisata. Yogyakarta : Andi
Word Tourism Oraganization.1999. International Tourism : A Global Perspective. Madrid. Spain.
Word Tourism Oraganization.2003. Sustainable Development Of Ecotourism : A Compilation Of Good Practices in SMEs. Madrid. Spain
Yulia Endah Sukma Purnamasari, Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Wisatawan Asing Berlibur Di Kota Semarang, 2011
Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Ekonomi (JPE)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.