Pengaruh Pola Interaksi Guru Dalam Pembelajaran IPS Terpadu Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Amalatu

  • Nur Saada Hehanussa Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan IPS FKIP Unpatti Ambon
  • Susan E Manakane Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan IPS FKIP Unpatti Ambon
  • Edward Gland Tetelepta Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan IPS FKIP Unpatti Ambon
Keywords: Pola Interaksi, Minat Belajar

Abstract

Bagi seorang guru, menemukan pola keterlibatan yang ideal tidaklah mudah. Karena kenyataan bahwa setiap siswa adalah unik, mereka semua memiliki keyakinan dan sudut pandang yang berbeda. dan pola interksi guru yang di gunakan tergantung pada materi yang akan dibawah, guru mengatakan bahwa dalam Pembelajaran dapat menggunakan satu, dua, atau tiga pola interaksi. Penelitian ini menghitung persentase hasil dengan menggunakan metode kuantitatif. digunakan untuk menghitung prosentase angka dari hasilsurvei yang meneliti dampak gaya keterlibatan guru selama pengajaran geografi terhadap antusiasme siswa untuk belajar. selain itu Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola interaksi guru siswa kelas VIII SMP Negeri 4 dalam pembelajaran ips terpadu berdampak terhadap motivasi belajarnya. di buktikan dengan hasil perhitungan di peroleh nilai Mengingat F (Deviasi dari linearitas) sebesar 2,691 dan nilai sig sebesar 0,175 ± 0,05 maka dapat disimpulkan adanya hubungan.  liner yang signifikan pada pola interaksi guru dengan minat belajar peserta didik. Dapat disimpulkan bahwa minat belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 amalatu dipengaruhi oleh cara guru berinteraksi dengan mereka selama pembelajaran IPS terpadu. Terdapat pengaruh yang signifikan ini di lakukan dengan menggunakan Uji t menghasilkan nilai sig.0.000 sebesar 0.05 dan nilai Thitung sebesar 4.606 Ttabel 2.093. . Kemudian dilihat dari perhitungan koefisien determinasi bahwa variabel pola interaksi guru (x) dalam mempengaruhi minat belajar peserta didik (y) berjumlah 52,8%, dengan 47,2% dipengaruhi oleh faktor-faktor yang tidak termasuk dalam analisis ini.

 

Kata kunci;Pola Interaksi, Minat Belajar

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-01-21
How to Cite
Hehanussa, N., Manakane, S., & Tetelepta, E. (2024). Pengaruh Pola Interaksi Guru Dalam Pembelajaran IPS Terpadu Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Amalatu. Jurnal Pendidikan Geografi Unpatti, 3(1), 78-85. https://doi.org/10.30598/jpguvol3iss1pp78-85

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>