- Dampak Kondisi Sosial Ekonomi Keluarga Bagi Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 6 Huamual di Desa Lokki Kecamatan Huamual Kabupaten Seram Bagian Barat

  • Matrix V Tentua Universitas pattimura
  • Wiclif Sepnath Pinoa Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan IPS FKIP Unpatti Ambon
  • Susan E Manakane Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan IPS FKIP Unpatti Ambon
Keywords: Dampak, Kondisi Sosial Ekonomi, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian tentang keadaan sebagian keluarga dengan kondisi sosial ekonomi yang masih kurang menunjang untuk memotivasi anak-anak mereka untuk belajar. Hal ini di karenakan sebagian besar masyarakat bermata pencaharian sebagai petani dan nelayan. Dengan kondisi tersebut, dapat dilihat bahwa tidak setiap hari pekerjaan yang masyarakat kerjakan dapat menghasilkan penghasilan tetap dengan untung yang besar dan cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari sehingga perlengkapan sebagai penunjang belajar anak sangat sulit untuk terpenuhi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana dampak kondisi sosial ekonomi keluarga bagi motivasi belajar siswa SMP Negeri 6 Huamual. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui dampak kondisi sosial ekonomi keluarga bagi motivasi belajar siswa SMP Negeri 6 Huamual. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tipe penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang menyajikan data-data secara deskriptif untuk menggambarkan fenomena-fenomena yang terjadi di lokasi penelitian kemudian dijelaskan menggunakan tabel frekuensi dan gambar. Lokasi penelitian di SMP Negeri 6 Huamual Di Desa Lokki Kecamatan Huamual Kabupaten Seram Bagian Barat dengan waktu yang diperlukan selama 1 bulan terhitung mulai dari tanggal 17 April – 17 Mei 2023. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 6 Huamual yang berjumlah 95 siswa dan sampel dalam penelitian ini dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik purposive sampling, maka dalam penelitian ini sampel dipilih sebanyak 58 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data di analisis secara deskriptif, sedangkan data-data yang bersifat kuantitatif dianalisis dengan menggunakan tabel frekuensi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dampak kondisi sosial ekonomi keluarga sangat signifikan terhadap motivasi belajar ekstrinsik siswa. Dimana bagi sebagian besar keluarga belum bisa menunjang kebutuhan belajar anak seperti pendidikan orang tua yang memotivasi, mata pencaharian orang tua yang belum layak, pendapatan orang tua yang belum mencukupi, kesehatan yang kurang diperhatikan, dan kurangnya kepemilikan fasilitas untuk menunjang kebutuhan keluarga terlebih khusus belajar anak di rumah maupun di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-09-28
How to Cite
Tentua, M., Pinoa, W., & Manakane, S. (2023). - Dampak Kondisi Sosial Ekonomi Keluarga Bagi Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 6 Huamual di Desa Lokki Kecamatan Huamual Kabupaten Seram Bagian Barat. Jurnal Pendidikan Geografi Unpatti, 2(2), 144-150. https://doi.org/10.30598/jpguvol2iss2pp38-45

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>