Pengaruh Model Pembelajaran Jingsaw terhadap Minat Belajar Peserta Didik di SMA MAN 2 Maluku Tengah

  • johda Rumasukun Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan IPS FKIP Unpatti Ambon
  • Edward Gland Tetelepta Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan IPS FKIP Unpatti Ambon
  • Susan E Manakane Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan IPS FKIP Unpatti Ambon
Keywords: Pembelajaran Jingsaw,Minat Belajar

Abstract

Penerapan model pembelajaran Jigsaw Berpengaruh besar terhadap ketertarikan belajar siswa di SMA Man 2 Maluku Tengah ini pada mata pelajaran geografi. Metode deskriptif kuantitatif digunakan untuk menggambarkan secara rinci dampak positif dari pembelajaran Jigsaw, yang menciptakan situasi interaktif dan merangsang perubahan atau perkembangan pada peserta didik.Hasil uji prasyarat dan uji hipotesis menunjukkan bahwa data bersifat normal dan homogen, dan uji t serta uji MANOVA mendukung bahwa terdapat pengaruh signifikan pada minat dan hasil belajar peserta didik. Kesimpulan ini menguatkan pentingnya model pembelajaran Jigsaw sebagai metode yang efektif dalam meningkatkan minat belajar dan hasil belajar peserta didik.”Pembelajaran Jigsaw” dan “Minat Belajar,” mencerminkan fokus penelitian dan temuan yang memberikan kontribusi pada pemahaman lebih lanjut tentang hubungan antara model pembelajaran dan minat belajar peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-01-17
How to Cite
Rumasukun, johda, Tetelepta, E., & Manakane, S. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Jingsaw terhadap Minat Belajar Peserta Didik di SMA MAN 2 Maluku Tengah. Jurnal Pendidikan Geografi Unpatti, 3(1), 53-61. https://doi.org/10.30598/jpguvol3iss1pp53-61

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>