The Effect of Online Games on the Achievement of Junior High School Students in Class IX of Ambon City

Pengaruh Game Online Terhadap Prestasi Siswa SMP Muhamadiyah Kelas IX Kota Ambon

  • Fuad anwar Maruni unpatty
  • Ferdinand Salomo Leuwol Program Studi Pendidikan Geografi FKIP Universitas Pattimura
  • Dwi Pratiwi Program Studi Pendidikan Geografi FKIP Universitas Pattimura
Keywords: Online Games, Academic Achievement, Time Management

Abstract

Perkembangan zaman di masa sekarang ini tidak bisa lepas dari  berkembangnya teknologi modern. Salah satu teknologi yang paling digemari masyarakat adalah teknologi internet atau media online. Tidak hanya orang dewasa saja, bahkan anak-anak dan remaja sudah sangat mampu menggunakannya. Perkembangan teknologi informasi mampu menciptakan dan mengembangkan ruang gerak masyarakat secara global, sehingga tanpa kita disadari manusia telah hidup dalam dua dunia kehidupan, yaitu kehidupan masyarakat nyata dan kehidupan masyarakat maya. Kehidupan yang seperti disebutkan diatas, sangat kuat berpengaruh terhadap pola kehidupan manusia terutama remaja  (peserta didik), karna remaja merupakan manusia yang sedang berada pada masa mencari jati diri. Mereka yang sedang mengalami perubahan dari masa kanak-kanak ke masa dewasa  Peserta didik yang menuju masa kedewasaan, sangat memiliki semangat dan rasa ingin tahu dalam mengikuti perkembangan teknologi y ang modern. Perkembangan teknologi tersebut juga sangat berpengaruh besar dalam kehidupan peserta didik  Peserta didik sangat membutuhkan teknologi (handphone maupun computer) untuk mengikuti proses pembelajaran yang dilaksanakan secara online. Dampak game online adalah sesuatu yang berpengaruh yang menimbulkan suatu  akibat, benturan yang cukup hebat sehingga menimbulkan perubahan. game online dapat diartikan sebagai sebuah program permainan yang menggunakan jaringan internet yang dapat dimainkan kapan saja, di mana saja, serta dapatdimainkan secara bersamaan atau berkelompok diseluruh dunia dan  permainan itu sendiri menampilkan berbagai gambar-gambar menarik yang didukung oleh komputer Istilah game online berasal dari istilah MMORPG Online Role-Playing Online Game), yaitu ekstensi jenis game jenis role-playing game yang memiliki fasilitas multiplayer, dapat menghubungkan komputer ke sebuah server, dapat bermain bersamaan dengan ribuan pemain diseluruh dunia.

Kata Kunci: Pengaruh game online

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aginsha, N. P. (2022). Pengaruh Game Online dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa V Se-Gugus Kasihan Bantul. Melior : Jurnal Riset Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia, 1(1), 21–24. https://doi.org/10.56393/melior.v1i1.127

Apdillah, D., Zebua, R. B., Idham, M., & Anhar, I. (2022). Teknologi Digital Di Dalam Kehidupan Masyarakat. Selodang Mayang: Jurnal Ilmiah Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Indragiri Hilir, 8(2), 101–107. https://doi.org/10.47521/selodangmayang.v8i2.247

Aulia, V., Hakim, L., & Sangka, K. B. (2023). Dampak Tpack Pada Pengembangan Profesionalisme Guru Dalam Praktik Integrasi Teknologi. Prosiding Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu), 4, 235. https://doi.org/10.31000/sinamu.v4i1.7894

Dewi, C., Riza, W. L., & Leometa, C. H. (2024). Pengaruh Kecanduan Game Online Terhadap Perilaku Agresif Pada Remaja Di Kabupaten Karawang. Empowerment Jurnal Mahasiswa Psikologi Universitas Buana Perjuangan Karawang, 4(1), 18–26. https://doi.org/10.36805/empowerment.v4i1.1062

Fauzi, M. A., Lasan, B. B., & Simon, I. M. (2022). Pengaruh Kecanduan Media Sosial dan Game Online terhadap Prokrastinasi Akademik Peserta Didik. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(5), 471–478. https://doi.org/10.17977/um065v2i52022p471-478

Firmansyah, F., & Fauziyah, N. (2023). Dampak Game Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa Mts Midanutta’lim Jombang. Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 2(4), 362–374. https://doi.org/10.18860/dsjpips.v2i4.3605

Halawa, A. (2018). Hubungan Bermain Game Online Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas 4 Di MI Darussalam Jambangan Surabaya. Jurnal Keperawatan, 7(1). https://doi.org/10.47560/kep.v7i1.113

Hidayatullah, S., Aupia, A., Ikhwani, D. A., & Yuliyanti, S. (2022). Hubungan Kecanduan Game Online terhadap Perilaku Sosial Remaja di Desa Anggaraksa. ProHealth Journal, 19(2), 55–63. https://doi.org/10.59802/phj.202219263

Laksana, E. P., Mappiare-AT, A., & Lasan, B. B. (2022). Studi Fenomenologi Pengaruh Sosial Guru Bimbingan dan Konseling. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(1), 8–18. https://doi.org/10.17977/um065v2i12022p8-18

Lukiyana, L., & Wulandari, R. A. (2023). Pengaruh Game Online Terhadap Konsentrasi Belajar Dengan Manajemen Waktu Dan Efikasi Diri Sebagai Pemoderasi. Media Manajemen Jasa, 11(1), 28–44. https://doi.org/10.52447/mmj.v11i1.6967

Putri, Z. T. K., & Suprihatin, S. (2024). Komunikasi Orang Tua Dengan Anak Di Era Digital Penelitian Studi Kualitatif Di Desa Pulungan. DIGICOM : Jurnal Komunikasi Dan Media, 4(1), 61–70. https://doi.org/10.37826/digicom.v4i1.770

Qomarudin, M. H., Suhartono, S., & Umayaroh, S. (2022). Analisis Dampak Game Online Free Fire terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(6), 600–612. https://doi.org/10.17977/um065v2i62022p600-612

Rahayuningrum, D. C., Yanti, E., & Mardiko, I. (2021). Peningkatan Pengetahuan Siswa Sekolah Dasar Tentang Dampak Game Online. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 4(3), 475–480. https://doi.org/10.33024/jkpm.v4i3.3761

Rahyuni, R., Yunus, M., & Hamid, S. (2021). Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Siswa SD Kecamatan Pammana Kabupaten Wajo. Bosowa Journal of Education, 1(2), 65–70. https://doi.org/10.35965/bje.v1i2.657

Romdhoni, A., & Efiyanti, A. Y. (2022). Dampak Kecanduan Game Online Terhadap Solidaritas Sosial Pada Siswa Mts Sunan Kalijogo Kota Malang. Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(4), 389–400. https://doi.org/10.18860/dsjpips.v1i4.2075

Soraya, D., Subiyakto, R., & Setiawan, R. (2023). Analisis Perkembangan Smart Government Dalam Pemanfaatan Teknologi Digital Pada Era Revolusi Industri 4.0 Di Kota Tanjungpinang (Studi Kasus Diskominfo). JANE - Jurnal Administrasi Negara, 15(1), 1. https://doi.org/10.24198/jane.v15i1.39543

Syafwan, A. L., & Daulay, N. (2023). Pengaruh Stres Akademik Terhadap Kecanduan Media Sosial Dan Implikasinya Terhadap Bimbingan Dan Konseling. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(03), 441–449. https://doi.org/10.31316/gcouns.v7i03.4624

Wardany, R. A., Suhartono, S., & Mas’ula, S. (2021). Analisis Dampak Game Online terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV B di SD Negeri Sawojajar 01 Kota Malang. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(12), 1020–1035. https://doi.org/10.17977/um065v1i122021p1020-1035

Yuliana, P., & Haryati, T. (2023). Pengaruh Adiksi Game Online Mobile Legend Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa. Jurnal Ilmiah Global Education, 4(3), 1731–1739. https://doi.org/10.55681/jige.v4i3.1214

Published
2025-03-05
How to Cite
Maruni, F., Leuwol, F., & Pratiwi, D. (2025). The Effect of Online Games on the Achievement of Junior High School Students in Class IX of Ambon City. Jurnal Pendidikan Geografi Unpatti, 4(1), 86-96. https://doi.org/10.30598/jpguvol4iss1pp86-96
Section
Articles