LEMBAGA ADAT DAN EKSISTENSI MASYARAKAT ADAT NEGERI LAFA KECAMATAN TELUTI KABUPATEN MALUKU TENGAH

  • Jacob Serumena Program Studi Sosiologi FISIP UNPATTI
  • Hermien Soselisa Program Studi Sosiologi FISIP UNPATTI
  • Wellem R. Sihasale Program Studi Sosiologi FISIP UNPATTI
Keywords: Lembaga Adat, Perilaku, Masyarakat Adat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang lembaga adat dan eksistensi masyarakat adat di Negeri Lafa Kecamatan Teluti Kabupaten Maluku Tengah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Penelitian ini berlokasi di Negeri Lafa Kecamatan Teluti Kabupaten Maluku Tengah.Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberadaan lembaga-lembaga adat dalam kehidupan masyarakat adat dapat menjadi sarana untuk mengawasi dan mengatur pola-pola perilaku seluruh anggota masyarakat adat. Namun, realitas yang tampak terjadi saat ini bahwa keberadaan lembaga-lembaga adat dalam kehidupan masyarakat adat belum mampu melaksanakan tugas dan perannya dengan baik sehingga telah menyebabkan munculnya berbagai masalah adat seperti, diantaranya masalah batas-batas tanah petuanan dan masalah pemilihan raja. Guna mengatasi dan meminimalkan berbagai masalah adat yang muncul maka perlu adanya peningkatan peran lembaga-lembaga adat dan kesadaran seluruh anggota masyarakat adat untuk lebih mengenal serta memaknai nilai-nilai yang terkandung dalam adat-istiadat yang dimiliki. Hal ini penting dilakukan supaya pola-pola perilaku seluruh anggota masyarakat adat dapat mencerminkan dan memperkokoh eksistensi masyarakat adat. Masih kurangnya peran lembaga adat dimaksud sebagaimana yang tampak pada Negeri Lafa sebagai salah satu negeri adat yang terdapat di Pulau Seram. Lembaga adat di Negeri Lafa, seperti lembaga saniri hingga saat ini belum mampu melaksanakan perannya dengan baik. Hal ini disebabkan oleh masih kurang terjalin interaksi antara anggota saniri yang terdiri dari para orang tua dan anak muda sehingga menghambat peran lembaga saniri tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdulsyani. 2002. Sosiologi, Skematika, Teori, dan Terapan, PT Bumi Aksara, Cetakan Kedua, Jakarta.
Ajawaila, J. W. 2005. Dinamika Budaya Orang Maluku. Dalam Lembaga Kebudayaan Daerah Maluku (ed.), Maluku Menyambut Masa Depan. LKDM, Ambon.
Basrowi. 2005. Pengantar Sosiologi. Penerbit Ghalia Indonesia, Ciawi-Bogor.
Cooley, Frank L. 1987. Mimbar dan Takhta, Hubungan Lembaga-Lembaga Keagamaan dan Pemerintah di Maluku Tengah. Pustaka Sinar Harapan, Jakarta.
Effendi, Ziwar. 1987. Hukum Adat Ambon Lease. Pradnya Paramita, Jakarta.
Fathoni Abdurrahmat. 2006. Antropologi Sosial Budaya. Rineka Cipta, Jakarta.
Iskandar. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Gaung Persada, Jakarta.
Lokollo, J. E. 2012. Eksistensi Negeri Adat di Maluku dalam Konteks Hukum dan Demokrasi Pancasila. Dalam Berlayar Dalam Ombak, Berkarya Bagi Negeri. Ralahalu Institut, Ambon-Maluku.
Miles, Matthew B & Huberman, A Michael. 2007. Analisis Data Kualitatif. Universitas Indonesia, Jakarta.
Moleong, Lexy J. 1998. Metodologi Penelitian kualitatif. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Moleong, Lexy J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Muhammad Abdulkadir. 2008. Ilmu Sosial Budaya Dasar. Citra Aditya Bakti, Bandung.
Peraturan Daerah Kabupaten Maluku Tengah Nomor 01 Tahun 2006 Tentang Negeri.
Poerwanto, Hari. 2008. Kebudayaan dan Lingkungan Dalam Perspektif Antropologi. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Ranjabar Jacobus. 2006. Sistem Sosial Budaya Indonesia. Ghalia Indonesia, Bogor.
Rusdiyanta, Syahrial & Syarbaini. 2009. Dasar-Dasar Sosiologi. Graha Ilmu, Yogyakarta.
Saifuddin Ahmad Fedyani. 2005. Antropologi Kontemporer. Prenada Media Group, Jakarta.
Sihasale, W. R. 2005. Pola Pengelompokan Masyarakat Adat dan Sistem Pemerintahan Adat di Maluku. Dalam Lembaga Kebudayaan Daerah Maluku (ed.), Maluku Menyambut Masa Depan. LKDM, Ambon.
Sztompka, Piotr. 2011. Sosiologi Perubahan Sosial. Prenada Media Group, Jakarta.
Watloly, Aholiab. 2007. Filosofi Masyarakat Kepulauan (Sebuah Telaah Filsafat Dalam Rangka Indigenisasi Sosiologi Kepulauan). Orasi Ilmiah pada Dies Natalis Ke-44 Universitas Pattimura.
Watloly, Aholiab. 2013. Cermin Eksistensi Masyarakat Kepulauan Dalam Pembangunan Bangsa, Perspektif Indigenous Orang Maluku. Intimedia Cipta Nusantara, Jakarta
Published
2021-06-01