INTERAKSI SOSIAL ANTAR ORANG KEI DI NEGERI PASSO KECAMATAN BAGUALA KOTA AMBON

  • Fransiska Rahabav Program Studi Sosiologi FISIP UNPATTI
  • Tonjti Soumokil Program Studi Sosiologi FISIP UNPATTI
  • Christwyn R. Alfons Program Studi Sosiologi FISIP UNPATTI
  • Jouverd F. Frans Program Studi Sosiologi FISIP UNPATTI
Keywords: Interaksi Sosial, Kelas Sosial (Kasta), Solidaritas Sosial

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan bentuk-bentuk interaksi sosial antar orang Kei di Negeri Passo Kecamatan Baguala Kota Ambon. Penelitian ini dilaksanakan di Negeri Passo Kecamatan Baguala Kota Ambon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang Kei di Negeri Passo terdiri dari kasta Mel-Mel, Ren-Ren, Iriri. Namun dalam kehidupan sehari-hari, tidak tampak perbedaan kasta di antara mereka. Mereka hidup bersama atau berkelompok dengan perbedaan yang ada namun tidak pernah terjadi masalah. Hubungan interaksi sosial di antara mereka ketiga kasta terjalin dengan sangat baik sehingga tampak rukun dan aman. Bentuk-bentuk interaksi sosial yang tampak dalam kehidupan bersama orang Kei di Negeri Passo seperti, Yelim dan Maren. Yelim dan Maren merupakan dua tradisi yang mengandung makna saling membantu dan saling menolong satu sama lain. Yelim dan Maren merupakan dua bentuk interaksi sosial yang mewujudkan serta memperkuat rasa solidaritas sosial orang Kei di Negeri Passo. Penguatan rasa solidaritas sosial orang Kei di Negeri Passo juga disebabkan oleh falsafah hidup mereka yaitu Ain Ni Ain yang artinya rasa persaudaraan yang berasal dari leluhur yang sama, suku yang sama, bahasa yang sama, adat istiadat yang sama, dan tidak membeda-bedakan latar belakang agama, kelas sosial, ekonomi, dan lain-lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ajawaila J. W. 2005, “Dinamika Budaya Orang Maluku”, Dalam Maluku Menyambut Masa Depan. Lembaga Kebudayaan Daerah Maluku, Ambon.
Basrowi, 2005, “Pengantar Sosiologi”, Penerbit Ghalia Indonesia, Ciawi – Bogor.
Fukuyama Francis, (2007),”TRUST”, Kebijakan Sosial dan Penciptaan Kemakmuran”, Qalam, Yogjakarta.
Iskandar, 2009, “Metode Penelitian Kualitatif”, Gaung Persada, Jakarta.
Johnson Doyle Paul, “Teori Sosiologi Klasik dan Modern”, Diterjemahkan oleh Robert M. Z. Lawang (1988) PT. Gramedia, Jakarta.
Lawang M. Z. Robert, “Stratifikasi Sosial Di Cancar Manggarai Flores Barat Tahun 1950-an dan 1980-an”, Penerbit FISIP UI, Depok.
Lawang Robert M. Z, 2004, “Kapital Sosial Dalam Perspektif Sosiologi Suatu Pengantar”, Fisip UI Press, Jakarta.
Miles, Matthew B dan Michael A Huberman, 2007. “Analisis Data Kualitatif”, Universitas Indonesia, Jakarta.
Moleong, Lexy.J, 2005, “Metodologi Penelitian Kualitatif”, PT Remaja Rosdakarya, Bandung.
Nasikun, 2009, “Struktur Masyarakat Majemuk Indonesia”, Grafiti Perss, Yogyakarta.
Ohoitimur Yohanis, 1983, “Beberapa Sikap Hidup Orang Kei Antara Ketahanan Diri Dan Proses Perubahan”, Tesis Pineleng.
Pariela, T. D. 2008, “Damai di Tengah Konflik Maluku”, Preserved Social Capital sebagai Basis Survival Strategy, Program Pascasarjana Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga.
Rahail. J. P, 1993, “Larwul Ngabal Hukum Adat Kei”, Bertahan Menghadapi Arus Perubahan, Seri Pustaka Khasanah Budaya Lokal, Yayasan Sejati, Jakarta.
Ritzer George, 2012, “Teori Sosiologi, Dari Sosiologi Klasik Sampai Perkembangan Terakhir Postmodern”, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Subagio, 2004, “Metode Penelitian Dalam Teori dan Praktek”, Rineka Cipta, Jakarta.
Usman Sunyoto, 2008, “Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat”, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Published
2021-06-01