INTERAKSI WANITA BERCADAR DI KAMPUNG KISAR - KOTA AMBON

  • Suci N. Kaplale Program Studi Sosiologi FISIP UNPATTI
  • Feky Manuputty Program Studi Sosiologi FISIP UNPATTI
  • Simona Ch. Litaay Program Studi Sosiologi FISIP UNPATTI
  • Jurnie Darakay Program Studi Sosiologi FISIP UNPATTI
Keywords: Interaksi, wanita bercadar, masyarakat

Abstract

Penelitian ini berfokus pada interaksi wanita bercadar dengan masyarakat di Lorong Muhajirin Kampung Kisar, Kebun Cengkih, Negeri Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan wanita bercadar dengan masyarakat di Kampung Kisar Kebun Cengkih. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kualitatif, untuk mencari data-data yang ada di lapangan maka dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa interaksi wanita bercadar dengan masyarakat di mulai dengan wanita bercadar yang memberi sapaan duluan. Hal itu juga terjadi jika mata saling bertemu, dan gerak tubuh yang mengisyaratkan untuk memulai interaksi. Hubungan masyarakat dengan wanita bercadar terjalin baik dengan adanya kegiatan sosial posyandu dan gotong royong dalam hal kerja bakti masjid

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aspers, P., & Corte, U. (2019). What is qualitative in qualitative research. Qualitative Sociology, 42(2), 139–160. https://doi.org/10.1007/s11133-019-9413-7
Atabik, A., & Mudhiiah, K. (2014). Pernikahan dan Hikmahnya Perspektif Hukum Islam. Yudisia, 5(2), 293–294.
Bullough, R. V. (2011). Ethical and moral matters in teaching and teacher education. Teaching and Teacher Education, 27(1), 21–28. https://doi.org/10.1016/j.tate.2010.09.007
Chua, A. (2002). The influence of social interaction on knowledge creation. Journal of Intellectual Capital, 3(4), 375–392. https://doi.org/10.1108/14691930210448297
Colombo, E., Rotondi, V., & Stanca, L. (2018). Macroeconomic conditions and well-being: do social interactions matter? Applied Economics, 50(28), 3029–3038. https://doi.org/10.1080/00036846.2017.1414935
Ismail, M. (2002). Hijab Wanita Muslimah. Bandung: Pustaka Ramadhan.
Jones, S. H., Catto, R., Kaden, T., & Elsdon-Baker, F. (2019). ‘That’s how Muslims are required to view the world’: Race, culture and belief in non-Muslims’ descriptions of Islam and science. Sociological Review, 67(1), 161–177. https://doi.org/10.1177/0038026118778174
Juwariyah, S. (2019). Muslim women and veiling: what does it signify? MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 43(1), 79. https://doi.org/10.30821/miqot.v43i1.680
Marshall, P. (2018). The ambiguities of religious freedom in indonesia. Review of Faith and International Affairs, 16(1), 85–96. https://doi.org/10.1080/15570274.2018.1433588
McKay, R., & Whitehouse, H. (2015). Religion and morality. Psychological Bulletin, 141(2), 447–473. https://doi.org/10.1037/a0038455
Nuroniyah, W. (2019). Rethinking Hijab in Contemporary Indonesia: A Study of Hijab Community “Tuneeca Lover Community.” Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama Dan Sosial Budaya, 4(2), 214–221. https://doi.org/10.15575/jw.v4i2.5643
Parboteeah, K. P., Hoegl, M., & Cullen, J. B. (2008). Ethics and religion: An empirical test of a multidimensional model. Journal of Business Ethics, 80(2), 387–398. https://doi.org/10.1007/s10551-007-9439-8
Paul, G. (2009). The chronic dependence of popular religiosity upon dysfunctional psychosociological conditions. Evolutionary Psychology, 7(3), 398–441. https://doi.org/10.1177/147470490900700305
Stapleton, S. R. (2015). Environmental identity development through social interactions, action, and recognition. Journal of Environmental Education, 46(2), 94–113. https://doi.org/10.1080/00958964.2014.1000813
Wibisono, S., Louis, W. R., & Jetten, J. (2019). A multidimensional analysis of religious extremism. Frontiers in Psychology, 10(0). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.02560
Yunus, F. M., Ushuluddin, F., Islam, U., & Uin, N. (2014). Substantia, Volume 16 Nomor 2, Okotber 2014 http://substantiajurnal.org. Substantia, 16, 217–228.
Published
2022-05-30