Abstract
Berdasarkan hasil wawancara langsung dengan salah satu guru matematika di SMA Negeri 1 Samalanga, siswa masih mengalami kesulitan memahami konsep penalaran matematis. Oleh karena itu, peneliti melakukan sebuah penelitian dengan judul pembelajaran matematika melalui pendekataan open ended terhadap kemampuaan penalaraan matematis siswa di SMA Negeri 1 Samalanga. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat peningkatan kemampuan penalaran siswa dengan pendekatan open ended. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experimental). Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest posttes control group design. Teknik pengambilang sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling, kelas yang terambil yaitu kelas X IPA 1 sebagai kelas ekaperimen dan X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes dengan bentuk soal essay. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, terlihat bahwa nilai N-gain kelas eksperimen sebesar 0,74 dengan kriteria tinggi dan nila N-gain kelas kontrol sebesar 0,63 dengan kriteria sedang. Hasil tersebut menunjukkan bahwa peningkatan pembelajaran matematika melalui pendekatan open ended terhadap kemampuan penalaran matematis siswa lebih baik dari pada pembelajaran konvensional di SMA Negeri 1 Samalanga.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.