LABORATORIUM VIRTUAL: PERENCANAAN DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA SEKECAMATAN SALAHUTU DAN LEIHITU BARAT

  • Anatasija Limba Pattimura University
  • Ketarina Esomar Program Studi Pendidikan Fisika FKIP, Universitas Pattimura
  • Altje Latununuwe Program Studi Pendidikan Fisika FKIP, Universitas Pattimura
  • Estevanus K Huliselan Program Studi Pendidikan Fisika FKIP, Universitas Pattimura
  • Elsina S Tamaela Program Studi Pendidikan Fisika FKIP, Universitas Pattimura
  • Sarlota Singerin Program Studi Pendidikan Fisika FKIP, Universitas Pattimura
  • Juliana Nirahua Program Studi Pendidikan Fisika FKIP, Universitas Pattimura
  • Heppy Sapulete Program Studi Pendidikan Fisika FKIP, Universitas Pattimura
  • Asry N Latupeirissa Program Studi Pendidikan Fisika FKIP, Universitas Pattimura
  • Seska Malawau Program Studi Pendidikan Fisika FKIP, Universitas Pattimura
  • Carolina S. A Barus Program Studi Pendidikan Fisika FKIP, Universitas Pattimura
  • Maria O Uto Hawan Program Studi Pendidikan Fisika FKIP, Universitas Pattimura
  • Fatma Tanarubun Program Studi Pendidikan Fisika FKIP, Universitas Pattimura
Keywords: Laboratorium Virtual, Pembelajaran Fisika

Abstract

Pembelajaran fisika saat ini sudah mulai menggunakan ICT (Information and Communication Technology) sebagai media dalam kegiatan belajar mengajar, baik di kelas atau laboratorium komputer. Beberapa media pembelajaran yang dapat digunakan guru adalah media pembelajaran berbasis komputer yang dapat memvisualkan gejala-gejala dan interaksi fisis yang terjadi dalam dikehidupan nyata ke dunia virtual yang ditampilkan secara menarik dengan animasi yang menyenangkan. Media-media ini disebut laboratorium virtual. Kegiatan PKM ini dilakukan untuk dengan tujuan untuk melatih guru-guru Fisika di Kecamatan Salahutu dan Leihitu Barat Kabupaten Maluku Tengah untuk merencanakan dan mengimplementasikan pembelajaran fisika menggunakan Laboratorium virtual. Pelaksanaan kegiatan di bagi atas 3 bagian yaitu Tahap persiapan, pelaksanaan dan rencana tindak lanjut. kegiatan pengabdian ini dapat berjalan dengan baik dan memberikan dampak yang positif bagi seluruh peserta. Peserta merasakan manfaat dari kegiatan ini, sehingga setelah kegiatan selesai dilaksanakan peserta dapat melanjutkannya di kelasnya sendiri tanpa pendampingan.

 

Kata kunci: Laboratorium Virtual, Pembelajaran Fisika

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-10-30
How to Cite
Limba, A., Esomar, K., Latununuwe, A., Huliselan, E., Tamaela, E., Singerin, S., Nirahua, J., Sapulete, H., Latupeirissa, A., Malawau, S., Barus, C., Uto Hawan, M., & Tanarubun, F. (2023). LABORATORIUM VIRTUAL: PERENCANAAN DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA SEKECAMATAN SALAHUTU DAN LEIHITU BARAT. PAKEM : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 104-114. https://doi.org/10.30598/pakem.3.2.104-114