PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN POWERPOINT PADA GURU TAMAN KANAK-KANAK
Abstract
Pelatihan pembuatan media pembelajaran pada guru taman kanak-kanak di kabupaten Merauke sebagai sarana yang dapat menunjang guru Taman Kanak-Kanak dalam proses pembelajaran di kelas. Penunjang keberhasilan pengabdian ini maka dibuat modul yang berisikan langkah-langkah pembuatan media pembelajaran menggunakan Microsoft PowerPoint. Kegiatan pengabdian dilaksanakan sebanyak tiga hari dan bertempat di balai kampung Waninggap Sai Distrik Tanah Miring. Kegiatan ini diikuti sebanyak 40 orang guru Taman Kanak-Kanak. Kegiatan pelatihan diawali dengan pengenalan menu-menu yang ada di powerpoint, kemudian pembuatan animasi, memasukkan materi/bahan ajar berupa gambar, teks dan suara, dan membuat animasi hitung mundur sehigga presentasi lebih menarik. Hasil pelatihan berupa kemampuan guru taman Kanak-Kanak dalam membuat media pembelajaran menggunakan Microsoft Powerpoint menjadi lebih baik, dari yang awalnya tidak menguasainya. Sebagai contoh materi/bahan ajar dalam pembuatan media pembelajaran adalah materi pengenalan binatang, pengenalan angka dan pengenalan bentuk untuk siswa Taman Kanak-Kanak. Selain materi di atas, guru dapat mengembangkan untuk materi yang lain sesuai dengan tema atau kebutuhan di setiap sekolah.
Downloads
References
Angkarini, T., Adelina Tanamal, N., & Mardiyati, S. (2024). Pelatihan Membuat Animasi Meda Pembelajaran Berbasis PowerPoint Bagi Para Guru Sekolah Dasar Sadahayu, Majeneng, Jawa Tengah. AMPOEN: Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar Dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat, 2(1), 09–19.
Fauzi, M., Utomo, B. T., Wiranata, R., & Likasari, G. A. (2023). Peningkatan Profesionalisme Guru SD Melalui Workshop Pembuatan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Digital. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 11479–11484.
Kaswar, A. B., Nurjannah, N., Fathahillah, F., & Andayani, D. D. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Praktis dan Interaktif untuk Guru SMP Kabupaten Bone. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 172–180. https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i1.4530
Khulaimi, M., Nukman, N., & Zuhri Rosyidi, A. (2023). PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN PROGRAM POWERPOINT BAGI GURU SMP ISLAM TERPADU NW TEKO. INSANTA: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 1(1), 15–21.
Lestari, D., Erwanto, E., Devana, T., & Darwadi, D. (2023). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Power Point Bagi Guru SD. Wahana Dedikasi, 6(1), 70–74.
Putri Saylendara, N., & Susanto, E. (2023). Konferensi Nasional Penelitian dan Pengabdian (KNPP) Ke-3 Universitas Buana Perjuangan Karawang E-ISSN : 2798-2580. Konferensi Nasional Penelitian Dan Pengabdian KNPP) Ke-3 Universitas Buana Perjuangan Karawang, 2246–2251.
Saripuddin, Oktarina, H., Radjab, M., & Asfar. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Menggunakan Powerpoint Bagi Guru-Guru SDN Mattoangin I Makassar. Jurnal Pengabdian Cendikia, 2(9), 167–172.
Simbolon, M. H., Lismardiana, Dumariani Silalahi, D., & Banjarnahor, S. M. T. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif TK Kana Nasional dengan pemanfaatan Multimedia. ULINA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.58918/ulina.v1i1.181
Sonhaji, S., Hartati, S., Wahyu Ningsih, N., Dimas R I, T., Adi P, F., & Amelia, N. (2023). Optimalisasi Penggunaan PowerPoint sebagai Media Pembelajaran pada SMK ANNUR Slawi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 16–23.
Wahab, A., Sudarmono, M. A., Zainal, A. Q., Azhar, M., & Junaedi. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Interaktif Guru Pondok Tahfidz Ahlul Jannah Paddinging Sanrobone. AMMA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(10), 1293–1301.
Copyright (c) 2024 PAKEM : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with PAKEM: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agree to the following terms:
- Authors grant copyright to the journal and right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0)
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.