PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PETUMBUHAN MIKROBA UNTUK MENINGKATKAN WORK SKILL GURU, RESEARCH SKILL SISWA JURUSAN IPA

  • Mery Pattipeilohy Universitas Pattimura
  • Ferymon Mahulette Universitas Pattimura
  • Alamanda Pelamonia Universitas Pattimura
Keywords: Praktikum, Media Pertumbuhan, Work Skill, Research Skill

Abstract

Permasalahan yang sering dijumpai di sekolah-sekolah terkait pelaksanaan praktikum adalah minimnya peralatan karena kurangnya sarana dan prasana penunjang kegiatan praktikum, kurangnya kreativitas dalam menyusun topik praktikum dan minimnya pengatahuan guru dalam memanfaatkan bahan-bahan alami yang dapat dijadikan sebagai bahan alternatif dalam pelaksanaan proses praktikum. Permasalahan inilah yang dialami oleh guru biologi pada SMA  Negeri 1 Seram Bagian Barat, dimana khususnya untuk konsep mikrobiologi tidak di lakukan praktikum, dikarenakan dalam pelaksanaannya membutuhkan alat dan bahan yang banyak juga proses kerja yang harus steril. Tetapi karena alat dan bahan yang tidak lengkap dan bahkan tidak tersedia karena bahan untuk pertumbuhan mikroba cukup mahal dan butuh waktu yang lama dalam proses inkubasi serta pengamatan mikroba (bakteri dan kapang) yakni memerlukan waktu 2-3 hari. Hal ini yang menyebabkan guru mengalami kesulitan untuk melakukan praktikum terkait konsep mikrobiologi sehingga prakitkum belum pernah dilakukan. Oleh karena itu, tujuan dari pelaksanaan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan work skill guru dan research skill siswa pada sekolah tersebut melalui pendampingan dan pelatihan menggunakan draft penuntun praktikum. Berdasarkan hasil yang diperoleh diketahui bahwa kemampuan kerja dan keterampilan guru dan juga kemampuan siswa semakin meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Candra, R., & Dian Hidayati. (2020). Penerapan Praktikum dalam Peningkatan Keterampilan Proses dan Kerja Peserta Didik di Laboratorium IPA.

Dewi, S. I., Siti, S., & Liswara, N. 2014. Analisis Kendala Pelaksanaan Praktikum Biologi Di SMA Negeri Se-Kota Palangka Raya. Jurnal Edu Sains, 2 (1): 13-26.

Dwi, H. (2016). Pengembangan Petunjuk Praktikum Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Practical Skills Siswa SMP. E-Journal Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta. Unpublish.

Lafenasti, F. (2018). Analisis Hambatan Pelaksanaan Praktikum Fisika Di SMA Negeri 5 Kota Jambi. Repository Universitas Jambi. 15 Februari 2018.

Muna, I. A. (2016). Optimalisasai Fungsi Laboratorium IPA Melalui Kegiatan Praktikum Pada Prodi PGMI Jurusan Tarbiyah STAIN Ponorogo.” Kodifikasia 10, no. 1

Rahma, S. (2013). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Praktikum Fotosintesis Pada Praktikum Fotosintesis Respirasi untuk Meningkatkan Kemampuan Generik Sains Mahasiswa Biologi FKIP Universitas Riau. Jurnal Nasional. Palembang: Unpublished.

Robikhah, Y. N., & Nurmawati I. (2021). Analisis Hambatan Guru Dan Siswa Dalam Pembelajaran Bilogi Di SMA Darussalam Tahun 2019. ALVEOLI: Journal Pendidikan Biologi. 2(1).

Rustaman, N, dkk. (2005). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Bandung: Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UPI, 2005.

Yuli, A.S., Anna, F. H., & Sri, R. (2019). Penerapan Pembelajaran Berbasis Praktikum Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Sikap Ilmiah Siswa. (Edubiologica: Jurnal Penelitian Ilmu dan Pendidikan Biologi), Vol. 7, No. 1, Juni 2019, pp. 48-53.

Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara

Umi, M. S. (2017). Metode Praktikum untuk Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa Kelas V MI YPPI 1945 Babat pada Materi Zat Tunggal dan Campuran. Proceeding Biology Education Conference. Vol. 7, No. 1, Oktober 2017, hal 62-68

Published
2024-06-13
How to Cite
Pattipeilohy, M., Mahulette, F., & Pelamonia, A. (2024). PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PETUMBUHAN MIKROBA UNTUK MENINGKATKAN WORK SKILL GURU, RESEARCH SKILL SISWA JURUSAN IPA. PAKEM : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 127-133. https://doi.org/10.30598/pakem.4.1.127-133