PEMBELAJARAN INOVATIF DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BAGI GURU DI KABUPATEN SERAM BAGIAN BARAT
Abstract
Kurikulum Merdeka merupakan struktur kurikulum yang disusun untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran paradigma baru yang bertujuan untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang inklusif, interaktif, dan relevan bagi siswa. Kabupaten Seram Bagian Barat adalah salah satu daerah yang membutuhkan perubahan dalam sistem pendidikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Tujuan kegiatan pengabdian yaitu meningkatkan kualitas pembelajaran dengan melibatkan Guru di Kabupaten Seram Bagian Barat dengan pembelajaran inovatif dalam implementasi kurikulum merdeka. Kegiatan pengabdian dimulai dengan persiapan yang matang, termasuk koordinasi dengan pihak terkait dan studi pendahuluan tentang kondisi pendidikan di wilayah tersebut. Selama tahap pelaksanaan, guru-guru terlibat aktif dalam berbagai kegiatan seperti diskusi, simulasi pembelajaran. Mereka juga dibimbing dalam pengembangan materi pembelajaran yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Materi ini dirancang untuk mempromosikan pemahaman mendalam, keterampilan berpikir kritis, dan nilai-nilai kehidupan yang relevan dengan konteks lokal. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa kegiatan pengabdian ini memberikan dampak positif yang nyata. Sebagian besar indikator evaluasi, seperti kesiapan tim pengabdian, kesesuaian materi dengan kebutuhan pendidikan, kebermanfaatan kegiatan, dan kepuasan peserta, menunjukkan kategori "Sangat Baik" dengan persentase 91.5%. Hal ini mengindikasikan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran inovatif telah berhasil mencapai tujuannya
Downloads
Copyright (c) 2024 PAKEM : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with PAKEM: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agree to the following terms:
- Authors grant copyright to the journal and right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-SA 4.0)
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.