PELATIHAN PENYUSUNAN RENCANA PEMBELAJARAN DAN ASESMEN BERDASARKAN KURIKULUM MERDEKA UNTUK GURU SD DI KECAMATAN KAIRATU

  • Reinhard Salamor Universitas Pattimura
  • Wilmintjie Mataheru Universitas Pattimura
  • Muh. Samad M Rumalean
Keywords: pembelajaran dan asesmen, inservice training

Abstract

Pembelajaran dan asesmen merupakan satu kesatuan yang sebaiknya tidak dipisahkan. Guru dan siswa perlu memahami kompetensi yang dituju, sehingga keseluruhan proses pembelajaran diupayakan untuk mencapai kompetensi tersebut. Pembelajaran dapat diawali dengan proses perencanaan asesmen dan perencanaan pembelajaran. Guru perlu merancang asesmen yang dilaksanakan pada awal pembelajaran, pada saat pembelajaran, dan pada akhir pembelajaran. Perencanaan asesmen, terutama pada asesmen awal pembelajaran sangat perlu dilakukan, karena untuk mengidentifikasi kebutuhan belajar siswa, dan hasilnya digunakan untuk merancang pembelajaran yang sesuai dengan tahap capaian siswa. Namun pada kenyataannya, para guru sering mengalami kesulitan dalam menyusun rencana pembelajaran dan asesmen. Oleh karena itu, perlu dilakukan kegiatan pembelajaran dan pemberdayaan masyarakat untuk mengatasi masalah ini. Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk inservice training yaitu pelatihan dan pendampingan kepada para guru SD di kecamatan Kairatu kabupaten Seram Bagian Barat untuk menyusun rencana pembelajaran dan asesmen berdasarkan kurikulum merdeka. Target khusus yang akan dicapai adalah tersedianya Rencana Pembelajaran dan Asesmen, sehingga menjadi pedoman untuk guru dalam melaksanakan proses pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-01-12
How to Cite
Salamor, R., Mataheru, W., & Rumalean, M. S. (2025). PELATIHAN PENYUSUNAN RENCANA PEMBELAJARAN DAN ASESMEN BERDASARKAN KURIKULUM MERDEKA UNTUK GURU SD DI KECAMATAN KAIRATU. PAKEM : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 153-158. https://doi.org/10.30598/pakem.4.2.153-158