HUBUNGAN LINGKUNGAN PEMBELAJARAN PADA SISTEM PEMBELAJARAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI DENGAN TINGKAT GEJALA DEPRESI DAN TINGKAT GEJALA CEMAS PADA MAHASISWA ANGKATAN 2017-2020 FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS PATTIMURA AMBON

  • Jeremy Mairuhu Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura
  • Sherly Yakobus Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura
  • Laura B S Huwae Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura
Keywords: KBK learning systems, Depression, Anxiety

Abstract

The learning environment is a manifestation of a curriculum, so that the ward assessment in a medical institution is part of the implementation of the curriculum  evaluation. Today medical faculty uses the new curriculum, a competency-based  or KBK curriculum system that was released in 2005. There is a report on the prevalence of depression and anxiety disorder was achieved in medical students first and last year. The aim of researchers is to know about the competency-based curriculum learning system with the level of depression and anxiety for 2017-2020 students of Pattimura University specially Faculty of Medicine. The results of the analysis in this study indicate that there is no relationship between the learning environment in the competency-based curriculum learning system with levels of depression symptoms (p=0,090) and levels of anxiety symptoms (p=0,076) in students of class 2017-2020, Faculty of Medicine, University of Pattimura, Ambon. This study has limitations, namely researchers cannot reach respondents directly because during the covid-19 pandemic, and lecture activities are not carried out face-to-face, so respondents may fill out questionnaires carelessly and are not honest in filling out the questionnaires provided.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arundina A, Tejoyuwono T, Armyanti I, Nugraha Rp, Ilmu D, Masyarakat K, Et Al. Gambaran Evaluasi Penilaian Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Terhadap Lingkungan Pembelajarannya. J Pendidikan Kedokteran Indonesia/Indonesian Jurnal Med Edu. 2015;4(3):109–14.

Adijaya N, Santosa LP. Persepsi Mahasiswa Dalam Pembelajaran Online. Wanastra. 2018;10(2):105–10.

Mukhlasin A, Wibowo R. Desain Pengembangan Kurikulum Integratif dan Implementasinya Dalam Pembelajaran. J Tawadhu. 2018;2(1):1–17.

Aristo, Wahyuni Rd. Studi Kualitatif Pengetahuan dan Sikap Mahasiswa Klinik Fk Unhas Terhadap Sistem Kepaniteraan Klinik Terkait Standar Kompetensi Dokter. J Biocelebes. 2010;4(2):104–12.

Nurroeni C. Keefektifan Penggunaan Model Mind Mapping Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Ipa. J Elem Educ. 2013;2(1):54–7.

Sodikin A, Ngusmanto, Tohardi. Implementasi Kebijakan Kurikulum Berbasis Kompetensi Pada Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Tanjungpura. 2012;1–20.

Hardjosoesanto A, As W, Jusup I. Hubungan Antara Tingkat Depresi Dengan Tingkat Sugestibilitas Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Tahun Pertama. J Kedokt Diponegoro. 2017;6(2):288–96.

D.Elvira S, Hadisukanto G. Buku Ajar Psikiatri. Badan Penerbit Fk Ui, Editor. Jakarta; 2017. 259–268 P.

D.Elvira S, Hadisukanto G. Buku Ajar Psikiatri. 3rd Ed. Badan Penerbit Fkui Jakarta, Editor. Jakarta; 2017. 284–286 P.

Siti M. Efektifitas Hipnosis Lima Jari Terhadap Kecemasan Pasien Pre Operasi Laparotomi Di Ruang Pra Bedah Rs Pelni Tahun 2017. 2017;(56):1–7.

Maulana I, S S, Sriati A, Sutini T, Widianti E, Rafiah I, Et Al. Penyuluhan Kesehatan Jiwa Untuk Meningkatkan Pengetahuan Masyarakat Tentang Masalah Kesehatan Jiwa Di Lingkungan Sekitarnya. Media Karya Kesehat. 2019;2(2):218–25.

Sari An, Oktarlina Rz, Septa T. Masalah Kesehatan Jiwa Pada Mahasiswa Kedokteran. J Medula [Internet]. 2017;7(4):82–7. Available From:Http://Juke.Kedokteran.Unila.Ac.Id/Index.Php/Medula/Article/View/1694/Pdf

Devi Lmm, Diniari Nks. Perbedaan Prevalensi Depresi Pada Ko-Asisten Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Dan Ko-Asisten Fakultas Kedokteran Universitas Warmadewa. 2004;5(03):1–9.

Frida Maryati Yusuf, Soeparman Kardi Ysr. Pengembangan Model Pembelajaran Berorientasi Proyek Berbasis Riset Dan Pemecahan Masalah Untuk Mengoptimalkan Penguasaan Konsep Mahasiswa Biologi. 2018;(105):72–8

Basani C S. Kurikulum Nasional Yang Berbasis Kompetensi Perguruan Tinggi Dengan Mengacu Pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (Kkni) Untuk Menghasilkan Kualitas Manusia Yang Kompeten Dan Berdaya Saing. J Chem Inf Model. 2019;53(9):1689–99.

Rahdiyanta D. Kurikulum Berbasis Kompetensi ( Kbk ) ( Pengertian Dan Konsep Kbk ). Semin Nas Implementasi Kbk Di Ft Uny. 2003;1–10.

Utami Aw, Gusya Liza R, Ashal T. Hubungan Kemungkinan Depresi Dengan Kualitas Hidup Pada Lanjut Usia Di Kelurahan Surau Gadang Wilayah Kerja Puskesmas Nanggalo Padang. J Kesehat Andalas. 2018;7(3):417.

Setiyani Ry. Perbedaan Tingkat Kecemasan Pada Mahasiswa Baru Di Fakultas Ilmu Kesehatan Dan Non Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Aisyiyah Yogyakarta. J Psikol Integr. 2018;6(1):16.

Ninaprilia Z. Gangguan Mood Episode Depresi Sedang. J Medula Unila. 2015;4(2):184.

D.Elvira S, Hadisukanto G. Buku Ajar Psikiatri. 3rd Ed. Badan Penerbit Fkui, Editor. Jakarta; 2017. 264 P.

Maslim R. Diagnosis Gangguan Jiwa, Rujukan Ringkas Ppdgj Iii Dan Dsm- 5. Bagian Ilmu Kedokteran Jiwa Fk Unika Atma Jaya, Editor. Jakarta; 2013. 64–5 P

Santoso Mb, Siti Asiah Dh, Kirana Ci. Bunuh Diri Dan Depresi Dalam Perspektif Pekerjaan Sosial. Pros Penelit Dan Pengabdi Kpd Masy. 2018;4(3):390.

Mayasari Nnwt. Gambaran Umum Depresi. Bagian/Smf Psikiatri Fak Kedok Univ Udayana/Rumah Sakit Umum Pusat Sanglah Denpasar. 2016;7(2):1–16.

Febyan F, Wijaya Sh, Tannika A, Hudyono J. Peranan Sitokin Pada Keadaan Stres Sebagai Pencetus Depresi. J Penyakit Dalam Indones. 2020;6(4):210.

Maulyndah H, Mayasari B, Medianawati V. Deskripsi Tingkat Kecemasan Mahasiswa Dalam Menghadapi Utb (Ujian Tengah Blok) Dan Uab (Ujian Akhir Blok) Di Fakultas Kedokteran Unswagati Cirebon. Tunas Med J Kedokt Dan Kesehat. 2017;74–7.

Nelson B. Kecemasan Menghadapi Tes Dan Dampak Terhadap Aktivitas Belajar. Cancer Cytopathol. 2016;124(9):609–10.

Ph L, Susanti Y, Arisanti D. Penurunan Tingkat Ansietas Mahasiswa Dalam Menyusun Skripsi Melalui Terapi Generalis Ansietas. J Ilmu Keperawatan Jiwa. 2018;1(2):76.

Fitria L, Neviyarni, Netrawati, Karneli Y. Cognitive Behavior Therapy Counseling Untuk Mengatasi Anxiety Dalam Masa Pandemi Covid-19. Al- Irsyad [Internet]. 2020;2859:23–9. Available From: Http://Jurnal.Uinsu.Ac.Id/Index.Php/Al-Irsyad/Article/Viewfile/7651/3538

Annisa Df, Ifdil I. Konsep Kecemasan (Anxiety) Pada Lanjut Usia (Lansia). Konselor. 2016;5(2):93.

Giri Mkw. Kemampuan Komunikasi Efektif Dunia Pendidikan Kedokteran Dengan Pendekatan Scientific Sebagai Bahan Refleksi Implementasi Kurikulum 2013. SEMIN NAS FMIPA UNDIKSHA III. 2013;3:83–9.

Apriliananda Ar, Prasetyawati Ae, Probandari An. Hubungan Persepsi Lingkungan Pembelajaran dan Self Directed Learning Readiness Mahasiswa Program Studi Kedokteran FK UNS.2015;4(1):7

Elisabeth Flora S, Kedang Rr, Listyawati Nurina Dtm. Analisis Faktor Resiko Yang Mempengaruhi Kejadian Depresi Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana. 2008;(April):1–7.

Thinagar M, Westa W. Tingkat Kecemasan Mahasiswa Kedokteran Universitas Udayana Dan Implikasinya Pada Hasil Ujian. DOAJ. 2017;8(3):181-3.

Published
2022-11-17
How to Cite
1.
Mairuhu J, Yakobus S, Huwae L. HUBUNGAN LINGKUNGAN PEMBELAJARAN PADA SISTEM PEMBELAJARAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI DENGAN TINGKAT GEJALA DEPRESI DAN TINGKAT GEJALA CEMAS PADA MAHASISWA ANGKATAN 2017-2020 FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS PATTIMURA AMBON. PAMERI [Internet]. 17Nov.2022 [cited 26Apr.2024];4(2):1-4. Available from: https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/pameri/article/view/7572
Section
Articles