ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NILAI UJIAN MENGGUNAKAN REGRESI LOGISTIK ORDINAL

Keywords: Nilai ujian, regresi logistik ordinal, faktor pengaruh, performa siswa

Abstract

Penelitian ini menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi nilai ujian siswa dengan menggunakan regresi logistik ordinal. Pendidikan merupakan kunci utama untuk kemajuan suatu bangsa, dan pemahaman terhadap faktor-faktor yang memengaruhi kinerja siswa sangatlah penting. Penelitian ini mengkaji faktor internal seperti jam belajar, motivasi, jam tidur, dan kehadiran, serta faktor eksternal termasuk pendapatan keluarga dan jenis sekolah. Menggunakan data sekunder dari dataset "Faktor Performa Siswa" yang tersedia di Kaggle, analisis ini menerapkan model logit kumulatif untuk mengidentifikasi hubungan antara variabel-variabel tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jam belajar dan motivasi memiliki dampak signifikan terhadap nilai ujian, memberikan wawasan berharga untuk pengembangan kebijakan pendidikan yang bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini berkontribusi pada pemahaman tentang bagaimana berbagai faktor saling terkait dalam keberhasilan akademik, serta menyoroti pentingnya intervensi yang terarah dalam pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] E. Mardiani, N. Rahmansyah dan D. A. Lantana, “Komparasi Metode Knn, Naive Bayes, Decision Tree, Ensemble, Linear Regression Terhadap Analisis Performa Pelajar Sma,” INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, vol. Volume 3 Nomor 2 ,.13880-13892, 2023.
[2] R. Darajaad, "Pengaruh Minat Belajar dan Jam Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Ekonomi Di Siswa Kelas XI IPS 3 SMA NEGERI 1 Kesamben Kabupaten Jombang," JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI (JUPE)., vol. VOLUME 4 NO 3, 2016.
[3] R. Ode, R. dan K. Sukahar, “PENGARUH KEHADIRAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA SD INPRES NEMEWIKARYA KABUPATEN FAKFAK,” UNES Journal of Education Scienties, volume 7, no 1, 2598-4993, 2023.
[4] Ananda. Baiq., et al,“ Analisis Regresi Logistik Prdinal Mengenai Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pendidikan Anak Di Desa Sayang-Sayang,” JOURNAL OF FUNDAMENTAL MATHEMATICS AND APPLICATION (JFMA), vol. 3 no. 2, 2020.
[5] Juliasari. Nurita, Kusmanto. Benedicus, “ Hubungan Antara Manajemen Waktu Belajar, Motivasi Belajar, dan Fasilitas Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Kelas VIII Se-Kecamatan Danurejan Yogyakarta, ” UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 4 no. 3, 2016.

[6] G. R. Putri and e. al, "Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penerimaan Peserta Didik SMA Negeri 2 Semarang Menggunakan Metode Regresi Logistuk Ordinal," Jurnal Gaussian, vol. vol. 5 no.3, 405-416, 2016.
[7] L. Fatonah and S. , "Regresi Logistik Ordinal (Studi Kasus Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Stres Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Skripsi)," Media Pendidikan Matematika, vol. vol. 5 no.2, 2017.
[8] Rasul, A., Subhanudin, & Sonda, R. (2022). Statistika Pendidikan Matematika. Kediri: CV Kreator Cerdas Indonesia.
[9] Nurhadirat, A., & Zain, I. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengeluaran Rumah Tangga Miskin (RTM) Dan Bukan Rumah Tangga Miskin (Non-RTM) Di Jawa Timur Untuk Konsumsi Air Bersih Menggunakan Analisis Regresi Torbit. Jurnal Sains dan seni ITS, 46-52.
[10] Yuhadisi, S., & Suliadi. (2021). Penerapan Metode Modifikasi Hosmer-Lemeshow Test pada Model Regresi Logistik Data Penderita Penyakit Hipertensi. Prosiding Statistika, 50-55.
[11] Zufa, F., Nugroho, S., & Simanihuruk, M. (2017). Perbandingan Analisis Diskriminan dan Analisis Regresi Logistik Ordinal dalan Prediksi Klasifikasi Kondisi Kesehatan Bank. Jurnal Matematika, 92-106.
[12] N. Khuzaimah and Y. Karyana, "Penerapan Partial Proportional Odds Model pada Kasus Usia Kawin Pertama Wanita," Jurnal Riset Statistika (JRS), vol. vol.2 no.2, pp. 103-110, 2022.
Published
2024-10-20