BINARY LOGISTIC REGRESSION ANALYSIS OF TRAFFIC ACCIDENT RISK FACTORS IN INDONESIA

  • Seila Amalia Universitas Negeri Medan
  • Amelia Putri
  • Micahel Dolly Sianturi
  • Risca Octaviani Hutapea
  • Albert Servant Ndruru
Keywords: regresi logistik biner, kepuasan pasien, efisiensi, pelayanan kesehatan

Abstract

Penelitian ini menganalisis faktor-faktor pelayanan yang mempengaruhi kepuasan pasien di Rumah Sakit menggunakan regresi logistik biner. Variabel yang diteliti meliputi efisiensi, kompetensi teknis, sarana medis dan obat-obatan, kondisi fisik ruang perawatan, serta akses terhadap pelayanan. Data dikumpulkan dari 50 pasien yang mendapat layanan kesehatan di Klinik X di Kota Medan pada tahun 2021. Hasil analisis menunjukkan bahwa hanya variabel efisiensi yang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien, dengan odds rasio sebesar 4,002. Model regresi yang digunakan memiliki akurasi klasifikasi sebesar 76%, dengan kemampuan lebih tinggi dalam memprediksi kategori pasien yang puas dibandingkan yang tidak puas. Studi ini memberikan wawasan tentang pentingnya faktor efisiensi dalam meningkatkan kepuasan pasien, dan menyarankan peningkatan aspek efisiensi untuk optimalisasi layanan kesehatan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-05-05