ANALISIS HUBUNGAN KERUGIAN NEGARA AKIBAT KORUPSI DENGAN DEMOGRAFI KORUPTOR DI MALUKU MENGGUNAKAN MODEL LOG LINEAR

  • Nur Andini Universitas Pattimura
  • Ferry Kondo Lembang Universitas Pattimura
  • M. S. Noya Van Delsen Universitas Pattimura
Keywords: Korupsi, Demografi, Model Log Linier

Abstract

Korupsi merupakan salah satu masalah pemerintahan yang terjadi hampir di seluruh Negara termasuk di Indonesia. Korupsi sangat berdampak buruk bagi kehidupan bangsa dan Negara. Dampak buruk dari korupsi diantaranya ialah angka kemiskinan yang kian meningkat, memiliki perekonomian yang tidak baik dan tidak stabil, ketertinggalan pembangunan daerah, serta tidak adanya kepercayaan terhadap lembaga pemerintah. Indonesia menjadi salah satu dari sepuluh negara di dunia dengan tingkat korupsi terparah. Dari data yang diperoleh di Pengadilan Negeri Ambon, kasus korupsi yang terjadi pada tahun 2015-2017 adalah sebanyak 153 kasus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk  menganalisis hubungan antara besarnya kerugian Negara akibat korupsi dengan variabel demografi koruptor di Provinsi Maluku menggunakan model Log Linier. Model Log Linier adalah suatu model statistika untuk menganalisis hubungan antara variabel dengan data yang bersifat kualitatif .Oleh karena itu, model ini dianggap tepat untuk mengkaji hubungan antara besarnya kerugian Negara akibat korupsi dengan variabel demografi koruptor.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Z., & Irsan, I. (2019). Korupsi Perizinan Dalam Perjalanan Otonomi Daerah Di Indonesia. Lex Librum: Jurnal Ilmu Hukum, 5(2), 887-896.
Waluyo, B. (2017). Optimalisasi pemberantasan korupsi di indonesia. Jurnal Yuridis, 1(2), 169-162.
Semma, M. (2008). Negara dan korupsi: pemikiran Mochtar Lubis atas negara, manusia Indonesia, dan perilaku politik. Yayasan Obor Indonesia.
Badoh, I. Z. F., & Dahlan, A. (2010). Korupsi Pemilu di Indonesia. Indonesia Corruption Watch.
Hartiningsih, M. (2011). Korupsi yang Memiskinkan. PT Gramedia Pustaka Utama.
Samsi, S. C. L. (2019). Integritas Hakim Dalam Menghasilkan Putusan Tindak Pidana Korupsi:: Persembahan Untuk Maluku. Deepublish.
Putra, A. P. 2013, Hubungan antara Tipe Kepribadian dengan Problem Solving Appraisal dan Cognitive Appraisal pada Narapidana Korupsi (Studi Korelasi di Lapas Sukamiskin Bandung). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Al Khair, M. N. 2014. Analisis Pola Korupsi Di Lembaga Pemerintah Indonesia (Studi Kasus Putusan incracht Tindak Pidana Korupsi yang Terrjadi di Lembaga Pemerintah Tahun 2005-2013). Semarang: Universitas Diponegoro.
Arisani, T. D., Sigit, N., & Idhia, S. MODEL LOG LINIER JUMLAH NARAPIDANA KOTA BENGKULU TAHUN 2011 (Doctoral dissertation, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNIB).
Sihotang, S. F., & Zuhri, Z. (2020). ANALISIS MODEL LOG LINIER TIGA DIMENSI UNTUK DATA KUALITATIF DENGAN METODE FORWARD. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 6(1), 62-69..
Published
2020-01-21