ANALISIS KESTABILAN TERHADAP PENYEBARAN PENYAKIT FLU BURUNG (AVIAN INFLUENZA)

  • Jean. F. de Queljoe Universitas Pattimura
  • F. Y. Rumlawang Universitas Pattimura
  • L. J. Sinay Universitas Pattimura
Keywords: Flu Burung, model matematika, titik kesetimbangan, model SIR, maple

Abstract

Flu burung atau dikenal dengan istilah avian flu atau Avian Influenza (AI) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus influenza tipe A dengan diameter 90-120 nanometer. Model matematika mengenai penyebaran penyakit (model epidemi)  adalah metode yang tepat untuk mempresentasikan pola penyebaran penyakit flu burung dari unggas ke manusia. Model dasar epidemi dikenal dengan SIR. Dari pembahasan diperoleh model dua titik kesetimbangan yaitu titik kesetimbangan bebas penyakit dan titik kesetimbangan endemik. Berdasarkan analisis yang dilakukan diperoleh , sehingga jika  maka titik kesetimbangan endemik stabil atau penyakit flu burung akan menghilang dan jika  maka titik kesetimbangan bebas penyakit stabil atau penyakit flu burung akan menghilang. Dalam penelitian ini digunakan software Maple untuk proses simulasi numerik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sya'baningtyas, F. S., Chotim, M., & Kharis, M. (2013). MODEL MATEMATIKAWABAH FLU BURUNG PADA POPULASI UNGGAS DENGAN PENGARUH VAKSINASI. Unnes Journal of Mathematics, 2(2).

Purwanti, S. R. (2010). ANALISA KESTABILAN MODEL DINAMIK PENYEBARAN VIRUS FLU BURUNG PADA POPULASI MANUSIA DAN BURUNG (Doctoral dissertation, Faculty of Mathematics and Natural science).

Rahmalia, D. (2015). Pemodelan Matematika dan Analisis Stabilitas dari Penyebaran Penyakit Flu Burung. Unisda Journal of Mathematics and Computer Science (UJMC), 1(01), 11-19.

Widowati dan Sutimin, 2007. Buku Ajar Pemodelan Matematika. Jurusan Matematika Fakultas MIPA Universitas Diponegoro. Semarang.

Rahmalia, D. 2011. Pemodelan Matematika dan Analisis Stabilitas dari Penyebaran Penyakit Flu Burung. ITS

Radji, M. 2006. Avian Influenza A (H5N1): Patogenesis, Pencegahan, dan Penyebarab pada Manusias

Nuryaman, A. (2016). Simulasi Numerik Model Matematika Dinamika Reaksi Oksidasi dengan Konsentrasi Gas Umpan Periodik. In Prosiding Seminar Nasional Sains Matematika Informatika dan Aplikasinya IV (Vol. 4, No. 4, pp. 139-145). FMIPA Universitas Lampung.

Rumlawang, F. Y., & Nanlohy, M. I. (2011). Analisa Kestabilan Model Penyebaran Penyakit Rabies. BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika dan Terapan, 5(2), 39-44.

Sugiarto, B., Akhmad, A., & Indra, M. (2018). APLIKASI METODE ANALITIS DAN PEMODELAN NUMERIK UNTUK PREDIKSI INTRUSI AIR LAUT DI KABUPATEN JENEPONTO.

Published
2022-11-21