ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN UJI MANN WHITNEY DAN WALD WOLFOWITS

  • Markus Birahi Program Studi Matematika FMIPA Unpatti
  • Abraham Z Wattimena Program Studi Matematika FMIPA Unpatti
  • Norisca Lewaherilla Program Studi Statistika FMIPA Unpatti
  • Sanlly Joanne Latupeirissa Program Studi Matematika FMIPA Unpatti
Keywords: Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), Mann-Whitney, Wald-Wolfowitz.

Abstract

Pendidikan merupakan sebuah proses pembelajaran bagi setiap individu untuk mencapai pengetahuan dan pemahaman yang lebih tinggi mengenai obyek tertentu dan spesifik. Pendidikan formal berlangsung di sekolah maupun di kampus, namun keberhasilan pelaksanaan program pendidikan dan pengajaran tersebut dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor interen. Maka dari itu perlu di terapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan hasil belajar. Uji Mann-Whitney digunakan untuk menguji apakah dua mean populasi sama atau tidak. Uji Wald-Wolfowitz digunakan untuk menguji untuk menguji perbedaan perbedaan dua sampel independent. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan Uji Mann-Whitney dan uji Wald-Wolfowitz. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan Uji Mann-Whitney maupun Uji Wald-Wolfowitz diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akaike, H. (1974). A New Look at Statistical Model Identification. IEEE Transaction on Automatic Control, Vol. 19, 328-347

Anselin, L. (1988). Spatial Econometrics : Methods and Models. Dordrecht: Kluwer Academic Publishers.

Anton Howard (1992). Dasar-dasar Aljabar Linier oleh Syarifudin, Mike Damayanti, Yayan Wulandari ; Tangerang; Binapura Aksara

Aulele, S. N. (2014). Pendekatan Model Geographically Weighted Regression untuk Menentukan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Jumlah Rumah Tangga Miskin di Pulau Buru. BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika dan Terapan, 8(2), 53-57.

Badan Pusat Statistik dan Depsos/Departemen Sosial (2002), Penduduk Fakir Miskin Indonesia 2002, Jakarta: BPS

Bain, L. J., & Engelhard, M. (1992). Introduction to Probability and Mathematical Statistics. California: Duxburry Press.

BPS Provinsi Maluku. 2017. Profil Kemiskinan di Maluku tahun 2017. Badan Pusat Statistik Provinsi Maluku: Ambon.

Draper, N. R., & Smith, H. (1992). Analisis Regresi Terapan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Johnson, R.A. dan Wichern, D.W., 2007, Applied Multivariat Statistical Analysis, New Jersey, Pretice Hall.

Laswinia, V. D., & Chamid, M. S. (2016). Analisis Pola Hubungan Persentase Penduduk Miskin dengan Faktor Lingkungan, Ekonomi, dan soaial di Indonesia, Menggunakan Regresi Spasial. Jurnal Sains dan Seni ITS Vol 5 No 2.

Leleury, Z. A., & Tomasouw, B. P. (2019). Pengelompokkan dan Pemetaan Karakteristik Kemiskinan di Kabupaten Maluku Barat Daya Provinsi Maluku dengan menggunakan Self-Organizing Map dan Analisis Biplot. BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika dan Terapan, 13(2), 093-106

Published
2022-04-21