ANALISIS INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA (IPM) DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS REGRESI KUANTIL (Studi Kasus Indonesia Bagian Timur : Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, Papua)

Main Article Content

Zepdon Halamury
H. W. M. Patty
M. S. Noya Van Delsen

Abstract

Analisis statistika yang digunakan untuk permasalahan ini adalah analisis regresi. Analisis regresi telah dikembangkan menjadi berbagai jenis, bergantung tujuannya. Sesuai dengan permasalahan IPM analisis regresi yang tepat digunakan adalah analisis regresi kuantil. Analisis regresi kuantil merupakan analisis regresi yang bertujuan untuk melihat pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat dengan terdapat kasus outlier pada variabel terikat. Metode ini tidak terpengaruh adanya pencilan (outlier) dan dapat menyebabkan hasil estimasi parameter menjadi stabil serta  tepat untuk menganalisis sejumlah data yang simetris. Penelitian ini memodelkan indikator-indikator yang mempengaruhi IPM di Indonesia Timur. Diperoleh hasil bahwa dengan menggunakan metode regresi kuantil dari model terbaik dengan diperoleh  sebesar 0,9517, sehingga diperoleh hasil indikator-indikator yang mempengaruhi IPM di Indonesia Timur adalah indikator rata-rata lama sekolah, harapan lama sekolah, angka harapan hidup dan pengeluaran per kapita.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

[1] Davies, A & G. Quinlivan. 2006. A Panel Data Analysis of the impact of Trade on Human Development. Journal of socioeconomics.
[2] Badan Pusat Statistik. (2017). www.bps.go.id (dalam bahasa inggris). Diakses tanggal 4 April
[3] Kurniawan, D. 2008. Regresi Linier. Forum statistika speaks with data. http//ineddeni.wordpress.com
[4] Hao, L. & D.Q. Naiman. 2007. Quantile Regression. Sage Publications, Inc.
[5] Wahyudi. V. E & I. Zain. 2014. Analisis IPM di Pulau Jawa Menggunakan Analisis Regresi Kuantil. Jurnal Statistika, Vol. 2, No. 1, Hal. 64-69
[6] Mahmuda, L. N., I. M. Nur & A. Karim. 2015. Analisis Regresi Kuantil Sebagai Penduga Kadar timbal (Pb) dalam tubuh pekerja SPBU Dikota Semarang. Jurnal Statistika, Vol. 3, No. 2, Hal. 25-28
[7] Myers, R. H. 1990. Classical and Modern Regression with Application. Boston: PWS.