PEMILIHAN MODEL REGRESI TERBAIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE STEPWISE (Studi Kasus: Data IPM Indonesia Tahun 2020)

  • S. M. Rumanama Universitas Pattimura
  • E. R. Persulessy Universitas pattimura
  • Z. A. Leleury Universitas Pattimura
Keywords: IPM, Metode Stepwise, Regresi.

Abstract

Analisis regresi linier berganda difokuskan pada pemilihan model regresi terbaik yang berpengaruh signifikan dan tidak terdapat multikolonieritas. Metode stepwise merupakan salah satu metode yang dapat digunakan sebab prosedur yang diterapkan adalah menentukan variabel prediktor yang dominan mempengaruhi variabel respon setelah memenuhi kriteria dan kemudian akan dimasukkan kedalam model regresi sebagai peubah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh signifikan terhadap IPM Indonesia tahun 2020 dan mengetahui model regresi terbaik menggunakan metode stepwise. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model regresi linier berganda dengan metode stepwise diketahui Umur Harapan Hidup (UHH), Harapan Lama Sekolah (HLS), Rata-rata Lama Sekolah (RLS), dan Pengeluaran Perkapita berpengaruh signifikan terhadap IPM Indonesia dengan nilai R-Square sebesar  93,8%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Pratiwi, W. 2020. Kuliah Pengantar : Indeks Pembangunan Sub Bidang Pembangunan Pedesaan Di Program Studi Arsitektur, ITB.
[2] Loklomin, S. B. 2019. Pemodelan Indeks Pembangunan Manusia di Kepulauan Maluku Dengan Pendekatan Estimasi Interval Parameter Model Regresi Semiparametrik Sline Truncated” Barekeng, Vol 13, No 2.
[3] Latupeirissa, S. J., & Djami, R. J. 2020. Pemodelan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Ambon Menggunakan Metode Stepwise. VARIANCE: Journal of Statistics and Its Applications, 2(1), 45-52.
[4] Nining N. dkk . 2016. Aplikasi Model Regresi Stepwise Dalam Penentuan Hasil Jagung Putih. Informatika Pertanian, Vol. 25, No.1, Juni 2016 : 21-28.
[5] Selfina. C. W et al. 2017. Penentuan Model Regresi Terbaik Dengan Menggunakan Metode Stepwise (Studi kasus: Impor Beras di Sulewesi Utara). Jurnal Ilmiah Sains, Vol.17, N0.2.
[6] Lalin, D. 2018. Metode Stepwise Untuk Memodelkan Jumlah Penduduk Miskin di Provinsi Maluku. Skripsi Jurusan Matematika FMIPA Unpatti, Ambon.
[7]. BPS. 2021. Indeks Pembangunan Manusia. aJkarta : Badan Pusat Statistik
Published
2022-04-21