PENGARUH PROSES BELAJAR MENGAJAR LURING DAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA JURUSAN MATEMATIKA ANGAKATAN 2018 FMIPA UNIVERSITAS CENDERAWASIH
Abstract
Interaksi belajar mengajar mengandung arti adanya kegiatan interaksi dari pendidik yang melaksanakan tugas mengajar disatu pihak, dan peserta didik yang sedang melaksanakan kegiatan belajar di pihak lain. Hasil belajar mahasiswa berdasarkan komponen-komponen yang mempengaruhi yaitu ujian tatap muka atau kehadiran di dalam ruang kelas secara luring maupun daring dan tugas rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi belajar mengajar dengan hasil belajar mahasiswa Jurusan Matematika Angkatan 2018 berupa penelitian kuantitatif yang populasinya dari mahasiswa Jurusan Matematika Angkatan 2018, dan sampel berjumlah 30 mahasiswa yang didapat melalui penyebaran kuesioner. Metode yang digunakan adalah pengujian Chi-Kuadrat dengan taraf signifikan 5% (α=0,05). Hasilnya χ_hitung^2=34,17≤ χ_tabel^2=37,652 terima H_0 artinya pembelajaran secara luring tidak mempengaruhi hasil belajar sama halnya dengan χ_hitung^2=29,99≤ χ_tabel^2=37,652 terima H_0 artinya pembelajaran secara daring tidak mempengharui hasil belajar mahasiswa Jurusan Matematika Angkatan 2018, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Cenderawasih. Dapat disimpulkan bahwa proses belajar mengajar secara luring dan daring tidak mempengharui hasil belajar mahasiswa dengan kata lain Covid-19 tidak mempengharui hasil belajar mahasiswa angkatan 2018, Jurusan Matematika.
Downloads
References
S. Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Prenada. Jakarta, 2009.
Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Rineka Cipta. Jakarta, 2010.
L. Matteo, “The Coming Coronavirus Crisis: What Can We Learn?”, Journal Spinger. Vol. 55, 98-104, 2020.
I. M. Hutabarat, and Y. Ruru, Statistika Nonparametrik dengan IBM SPSS 22, CV. Angkasa Pelangi. Jayapura, Papua, 2018.
Copyright (c) 2022 Pattimura Proceeding: Conference of Science and Technology
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.